Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Sistem Informasi Keuangan Desa

Pada tanggal 6 September 2015 yang lalu saya dan tim berkesempatan memberikan pelatihan dengan tajuk “Penyusunan Rencana dan Pelaporan Keuangan Desa Berbasis Teknologi Informasi”. Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (APDESI) dan Universitas Gadjah Mada. Peserta pelatihan merupakan perwakilan perangkat desa di wilayah Kabupaten Semarang. Pada pelatihan ini kami memperkenalkan sebuah software sistem informasi keuangan desa yang telah kami kembangkan sebelumnya di Kabupaten Blora dan kami beri nama SIMPELDES.

Suasana pelatihan SIMPELDES

Suasana pelatihan SIMPELDES

Sistem informasi keuangan desa dibuat untuk memudahkan perangkat desa dalam menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa  (RAPBDes) serta melaporkan realisasi dari RAPBDes yang telah disusun. Sistem ini memilki 3 (tiga) modul utama yaitu modul rencana, transaksi, dan laporan.

Halaman Utama SIMPELDES

Halaman Utama SIMPELDES

Modul rencana digunakan untuk menentukan mata anggaran dari RAPBDes sekaligus menentukan nilai dari masing-masing mata anggaran. Modul rencana hanya diisi 2 kali dalam setahun yaitu pada peyusunan APBDes dan APBDes perubahan.

Input APBDes

Input APBDes

Modul transaksi digunakan untuk mencatat transaksi keuangan yang dilakukan oleh desa baik itu penerimaan maupun pengeluaran. Perangkat desa akan menginputkan setiap transaksi keuangan yang dilakukan oleh desa sekaligus secara otomatis akan mencetak surat bukti transaksi.

Input Transaksi

Input Transaksi

Modul laporan terdiri atas Buku Kas Umum, Laporan Transaksi Pendapatan dan Belanja, Laporan Buku Pajak, serta Laporan Dokumen Pelaksanaan Anggaran. Selengkapnya tentang SIMPELDES dapat Anda download disini.

Laporan SIMPELDES

Laporan SIMPELDES

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

4 comments to Sistem Informasi Keuangan Desa

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


1 − one =