Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Total Quality Management

Tanggal 8 November 2013, di Hotel Mutiara Yogyakarta saya berkesempatan menyampaikan materi tentang Total Quality Management . Hadir dalam workshop ini Kabid. Pelayanan Medik RSUD Kab. Nunukan dr. IGAP Arishanta, MPH beserta staff. Sebuah kehormatan bagi saya tentunya, dapat bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan jajaran manajemen rumah sakit yang datang jauh-jauh ke Yogyakarta untuk “update ilmu”, meminjam kosakatanya dr. Arishanta.

Jalannya workshop lebih ke arah diskusi, dr. Arishanta dan staff menceritakan bagaimana kondisi rumah sakit tempat mereka bekerja, termasuk kondisi daerahnya, suatu saat saya berharap bisa datang sendiri kesana. Dari diskusi yang kami lakukan dapat saya simpulkan bahwa RSUD Kab. Nunukan secara pengelolaan sudah bagus, fasilitas cukup lengkap, beban kerja SDM juga cukup, dalam artian tidak terlalu tinggi. RSUD Kab. Nunukan juga sudah mengimplementasikan sistem informasi manajemen rumah sakit berbasis elektronik, dan yang paling membanggakan adalah unit kerja rekam medisnya mendapat nilai paling tinggi dalam proses akreditasi.

Hal yang menjadi fokus manajemen sekarang adalah bagaimana dapat mempertahankan dokter spesialis yang ada disana, serta menarik minat dokter spesialis yang lain agar dapat onsite disana. Kurangnya tenaga dokter spesialis di deaerah memang menjadi problema di beberapa daerah di Indonesia. Beberapa solusi dapat dilakukan, misalkan dengan menyekolahkan putra daerah untuk mengambil pendidikan spesialis dengan timbal balik harus kembali mengabdi di daerahnya. Alternatif solusi lain misalkan bekerjasama dengan fakultas kedokteran yang memiliki pendidikan spesialis untuk mengirimkan dokter residen ke rumah sakit di daerah.

Hal lain yang menjadi fokus diskusi adalah bagaimana agar dapat meningkatkan akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Selain itu, kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan juga menjadi materi yang dibahas cukup dalam. Pelayanan yang berkualitas harus diberikan mulai dari pasien masuk, dirawat, hingga pasien pulang. Sikap ramah, empati, dan antusiasme petugas dalam melayani pasien merupakan kunci utama untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Akhirnya, tidak terasa lebih dari empat jam kami berdiskusi. Sesi hari itu pun saya akhiri, terimakasih kepada seluruh jajaran manajemen RSUD Kab. Nunukan. Semoga bermanfaat, dan semoga dapat bertemu kembali di lain kesempatan :)

Foto bersama jajaran manajemen RSUD Kab. Nunukan

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


two − = 0