Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Hikayat Sistem Informasi Manajemen Absensi

Alkisah di Desa Babadan hiduplah seseorang yang dijuluki sebagai Phunsukh Wangdu dari Bantul, nama aslinya Rizka Himawan namun lebih dikenal dengan nama Kadon Brokoli. Sesuai julukannya pria ini adalah pria multitalenta, ahli dalam segala bidang (kecuali cinta), menghabiskan sedikit waktunya untuk riset, dan sisanya untuk hobinya yang lain macam bermain musik dan hunting foto gadis cantik. Sama dengan tokoh aslinya, sang Phunsukh Wangdu dari Bantul juga tidak memiliki ijazah dari kampusnya (UGM) meskipun telah menamatkan pendidikannya di kampus biru itu tepatnya dari Program Studi Komputer dan Sistem Informasi (dia tidak pernah mengambil ijazahnya). Ia percaya bahwa kuliah bukan mencari ijazah, melainkan mencari ilmu. Saat ini dia mengabdikan dirinya untuk wong cilik, menjadi panembahan IT di kampungnya.

Suatu hari datanglah punggawa dari Fakultas Kedokteran UGM membawa sebuah device yang kita kenal sebagai mesin absensi berbasis sidik jari (finger print), yang katanya sudah rusak, dan bisa dijadikan bahan riset untuk Sang Phunsukh Wangdu. Tentu saja naluri risetnya menggelora, diopreknya device itu sampai jeroannya. Maklum, di rumahnya sang Phunsukh Wangdu memiliki klinik bedah husus alat-alat elektronik, disamping studio musik khasidah dan dangdutan yang biasa digunakan bersama warga di kampungnya.

Mesin absensi finger print

Ternyata mesin absensi sidik jari ini dibekali dengan software berbasis desktop dan database yang berbasis teks. Tampilan aplikasinya cukup jadul (kalau kata anak muda) dan tentunya tidak bisa dikustomisasi karena sifatnya yang closed source. Phunsukh Wangdu berpikir bagaimana caranya supanya device ini dapat berkomunikasi langsung dengan database management system macam MySQL sehingga membuatnya akan lebih powerful dari saat ini.

Tampilan Jadul

Sebelumnya Phunsukh Wangdu telah mengembangkan sebuah PHP Framework dengan nama DonJo, ia memutuskan untuk membuat aplikasi berbasis web yang dapat berkomunikasi dengan mesin absensi sidik jari menggunakan DonJo Framework yang dikembangkannya. Lalu timbul pertanyaan “aplikasi berbasis web kan tidak dapat berkomunikasi langsung dengan hardware macam mesin absensi ini?”

Akhirnya dibuatlah sebuah application service yang berjalan di background sistem operasi windows, service ini akan mengeksekusi file PHP yang secara periodik akan menarik data dari mesin absensi dan menginputkannya ke dalam database MySQL. Akhirnya database yang tadinya berbasis teks dapat dimigrasi ke database MySQL. Tahap selanjutnya adalah pembuatan sistem informasi berbasis web yang nantinya dapat menampilkan executive summary dari data absensi yang sudah masuk ke dalam database.

Singkat cerita, menggunakan DonJo Framework maka sistem informasi model apapun pasti dapat dibuat dengan cepat. Berikut sekilas penampakannya:

Menu utama

Menu Expand

Konfigurasi Jam Kerja

Laporan Kehadiran

Laporan Kedisiplinan

Laporan jumlah jam kerja

Sinkronisasi antar device

Executive Summary

Kelebihan sistem ini dibandingkan software bawaan mesin absensi yang beredar di pasaran adalah:

- Open source, easy to custom, modul dan fitur dapat disesuaikan kebutuhan instansi

- Online antar device, cocok untuk perusahaan yang memiliki banyak cabang, semua data absensi akan terkumpul dalam satu database server

- Tampilan aplikasi yang simpel dan menarik, dapat diakses secara online dari gadget Anda

- Laporan dapat dieksport ke format Ms. Excel (.xls) sehingga mudah untuk dikelola lebih lanjut

Rencananya sistem ini akan diimplementasikan di FK UGM sebagai pilot project, semoga dilancarkan. Bagi pihak/instansi yang kesulitan untuk mengelola data dari mesin absensi silahkan hubungi kami.

Oya, rencana pengembangan ke depan sistem ini akan diintegrasikan dengan sistem payroll/penggajian.

Sampai jumpa di cerita Phunsukh Wangdu berikutnya :)

*Update Berita: Sistem ini sudah resmi diimplementasikan di Fakultas Kedokteran UGM, horreee :D

Implemented di Fakultas Kedokteran UGM

CD Master Aplikasi dan User Manual

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

1 comment to Hikayat Sistem Informasi Manajemen Absensi

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


× two = 14