Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Sistem Informasi Pelaporan Pembangunan (SIPP)

Dari namanya sudah bisa dipastikan bahwa sistem ini memang sipp,, heheh. Saat ini saya dan tim sedang mendampingi implementasi SIPP di Kabupaten Kebumen sebagai konsultan IT. Sistem ini digunakan untuk memantau tingkat penyerapan anggaran pada semua pengguna anggaran di wilayah Kabupaten Kebumen. Sebelumnya, laporan realisasi anggaran dilaporkan dalam bentuk hard copy kemudian direkap secara manual oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kebumen. Dengan menggunakan SIPP maka proses pelaporan dapat dilakukan secara online dari masing-masing SKPD dan format laporan yang diinginkan sudah bisa di-generate secara otomatis.

Spesifikasi Sistem

SIPP merupakan sistem informasi berbasis web yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. SIPP dipasang pada sebuah server dengan ip public sehingga dapat diakses secara online menggunakan jaringan internet.

Sekilas Aplikasi

Halaman Login

Masing-masing SKPD akan memiliki akun yang dapat digunakan untuk mengakses SIPP. Di kabupaten Kebumen sendiri terdapat 182 SKPD. Begitu mengakses SIPP, maka pengguna harus memasukkan username dan password masing-masing untuk dapat mengakses menu utama sistem.

Group Chat

Dalam SIPP terdapat fasilitas group chat dengan tampilan ala facebook dan rasa ala Whatsup :D

Perencanaan Kegiatan

Masing-masing SKPD memiliki kegiatan yang akan dilaksanakan setahun ke depan terkait dengan penggunaan anggaran. Di awal tahun anggaran masing-masing SKPD harus mendaftarkan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan setahun ke depan pada SIPP. Meliputi nama program, nama kegiatan, sub kegiatan (Belanja Modal, Belanja Barang/Jasa, Belanja Pegawai), serta identitas Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk masing-masing kegiatan.

Manajemen Target

Masih di awal tahun anggaran atau di bulan Januari, masing-masing SKPD harus menginputkan target penggunaan anggaran untuk masing-masing kegiatan selama setahun ke depan mulai dari bulan Januari hingga bulan Desember.

Realisasi Bulanan

Di bulan berikutnya, yaitu bulan Februari hingga bulan Desember, masing-masing SKPD tinggal melaporan realisasi penggunaan anggaran (SP2D dan SPJ) serta progress pelaksanaan kegiatan secara fisik tiap bulan. Di awal bulan februari masing-masing SKPD akan melaporkan realisasi bulan anggaran untuk bulan januari, begitu seterusnya, di awal  bulan masing-masing SKPD akan melaporan realisasi penggunaan anggaran bulan sebelumnya.

Rencana Umum Pengadaan (RUP)

Khusus untuk SKPD yang meiliki kegiatan atau pekerjaan yang dipihakketigakan, baik itu swakelola, maupun jasa konsultasi dan pengadaan, wajib mengisikan Rencana Umum Pengadaan (RUP) di awal tahun anggaran. Daftar RUP ini yang nantinya akan diumumkan ke public sehingga membuka kesempatan bagi siapapun pihak ketiga yang akan melaksanakan pekerjaan tersebut bekerjasama dengan dinas atau SKPD terkait.

Target dan Realisasi RUP

Setelah pelaksana pekerjaan (pihak ketiga) ditentukan (melalui proses lelang maupun penunjukan langsung) maka selanjutnya adalah menentukan target penyelesain pekerjaan. Dan dalam pelaksanaannya juga harus melaporkan progress fisik pekerjaan melalui SIPP.

Laporan

Laporan yang dapat di-generate secara otomatis oleh SIPP meliputi:

-          Laporan realisasi anggaran

-          Laporan cash flow penggunaan anggaran per kegiatan selama satu tahun

-          Laporan hambatan dan masalah yang ditemui dalam realisasi kegiatan

Dengan menggunakan SIPP maka proses pembuatan laporan realiasi anggaran seluruh SKPD se-Kabupaten Kebumen dapat dilakukan secara otomatis, tidak perlu lagi rekap secara manual yang rawan human error dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Bagi Pemda lain yang ingin menerapkan SIPP, dapat menghubungi saya melalui kontak yang tersedia di web ini. Heheheh.. tetep promosi :D

Semoga implementasi e-government di Indonesia ke depan dapat berjalan lebih baik dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Maju terus e-gov Indonesia.

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

1 comment to Sistem Informasi Pelaporan Pembangunan (SIPP)

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


− four = 2