Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Sistem Informasi Manajemen Posyandu

Ahirnya nulis artikel baru juga untuk web ini, apa yang Anda bayangkan jika mendengar kata posyandu?? bayi? ibu hamil? KB? :D

Posyandu (pos layanan dagadu terpadu)adalah penyelenggara pelayanan kesehatan berbasis pemberdayaan masyarakat, yang merupakan penyelenggara pelayanan kesehatan pada tingkatan yang paling dasar. Ide awal pembuatan sistem ini adalah seringnya terjadi kasus human error dalam proses pendokumentasian dan pelaporan posyandu, akibatnya informasi yang dihasilkan menjadi kurang valid. Para kader yang notabene merupakan sukarelawan alias pahlawan tanpa gaji harus direpotkan dengan seabreg pekerjaan administratif disamping tugas pokok mereka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam pengembangannya sistem ini semakin bertambah fitur dan cakupannya. Proses assessment dilakukan langsung pada para kader posyandu di lapangan sehingga membuat sistem ini semakin mantap saja. Alhamdulillah sistem juga telah mengantarkan saya menjadi Sarjana Komedi Multitalented (SKM) dan mengantarkan saya ketemu Pak Menteri Kominfo untuk menerima penghargaan di ajang Indonesia ICT Awards (INAICTA) 2012. Sistem ini juga mendapat apresiasi yang cukup baik dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akhirnya membuat saya sering main ke ibu kota :D

Fitur SIM Posyandu

Pendaftaran

Pendaftaran meliputi pendaftaran bayi dan ibu hamil. Pengunjung dibagi menjadi 2 kategoi yaitu pengunjung baru (pertama kali datang ke posyandu) dan pengunjung lama (sebelumnya pernah berkunjung ke posyandu). Setiap pengunjung baru akan mendapat kartu posyandu yang nantinya digunakan untuk mendaftar pada periode layanan berkutnya. Pengunjung lama cukup menyerahkan kartu dan petugas pendaftaran akan mendaftar pengunjung tersebut menggunakan barcode reader untuk membaca barcode yang ada di kartu posyandu. Pengunjung otomasti akan terdaftar dan mendapatkan nomor antrian.

Pendaftaran

Pencatatan

Petugas pencatatan akan mencatat data pelayanan yang diberikan posyandu kepada pengunjung terkait seperti data hasil penimbangan, pemberian vitamin A, makanan tambahan, KB, dan lain-lain. Sistem ini kemudian akan menampilkan data perkembangan bayi dalam bentuk grafik KMS.

Pencatatan

Penyuluhan

Pada SIM Posyandu ini terdapat sistem pakar yang akan membantu petugas penyuluhan dengan menampilkan materi penyluhan disesuaikan dengan umur bayi dan umur kehamilan ibu. Sistem ini juga mampu menentukan status gizi secara otomatis berdasarkan umur dan berat badan.

Penyuluhan

Pelaporan

Sistem ini mampu men-generate format pelaporan posyandu secara otomatis sesuai dengan format SIP (Sistem Informasi Posyandu), laporan dapat dicetak dan dieksport ke format spreadsheet (excel).

Laporan

Metodologi

SIMPosyandu dibangan dengan menggunakan teknologi open source berbasis web (sesuai dengan Surat Edaran Menpan Nomor SE/01/M.PAN/3/2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software).

Server Side : PHP

Client Side : XHTML, CSS, Javascript, AJAX

DMBS : PostgreSQL

Arah Pengembangan

Ke depannya SIM Posyandu akan diimplementasikan secara online sehingga baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dapat secara real time memantau:

  • Status gizi anak di wilayah setempat
  • Data ibu hamil dan melahirkan
  • Pelaksanaan program KB
  • Imunisasi balita
  • Angka kematian ibu dan anak
  • Distribusi logistik dan penggunaan anggaran posyandu
  • Posyandu aktif dan posyandu tidak aktif
  • Pelayanan kesehatan di level dasar

Namun bukan berarti sistem ini tanpa kekurangan, masih butuh perbaikan dan penyempurnaan. Kemudian untuk implementasi juga butuh infrastruktur yang memadai. Semoga sistem ini dapat diimplementasikan secara nasional sesuai dengan himbauan Kepmendagri dalam rakor posyandu nasional kemarin :)

*Terima kasih untuk Pemda Kabupaten Blora beserta seluruf staf dan jajarannya, Pak Lurah Desa Sidorejo,┬ápara kader Posyandu Sejahtera 1 Kabupaten Blora, teman-teman seperjuangan (Achlif Nugroho, Agasi Gilang Persada, Rizka ‘Kadon’ Himawan, Dimas Ariyo, Brilyan Hendra, dll)

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

8 comments to Sistem Informasi Manajemen Posyandu

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


× 3 = twenty four