Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Get Paid from Your Study

Pada tanggal 23 Desember 2010 kemarin untuk kedua kalinya saya diundang sebagai pembicara seminar yang diselenggarakan OmahTI. Sebelumnya saya diundang sebagai pembicara di seminar “Project Manajement”, kali ini saya diundang sebagai pembicara seminar “Technopreneurship” bersama dua orang pembicara lain yaitu Mas Kabul Kurniawan (Founder TechnoSmart) dan Mas Achlif Nugroho (Direktur Utama PT Infinite Technologies).

Pada seminar ini saya menyampaian materi berjudul “Get Paid From Your Study”. Karena seminar ini bertema technopreneurship dan kebanyakan pesertanya adalah mahasiswa IT maka yang saya sampaikan adalah dari sudut pandang mahasiswa IT, mahasiswa yang memanfaatkan peluang dengan keahliannya dalam bidang IT seperti yang pernah saya jalani pada jaman kuliah dulu, bahkan hingga saat ini.

Orang IT adalah orang yang rejekinya tidak pernah habis (insyaAlloh) karena semua hal di dunia ini bisa di-IT-kan, itulah peluang kita. Mahasiswa IT seharusnya menerapkan konsep “Belajar tapi Dibayar”, apa yag harus dilakukan?

Belajar sedalam-dalamnya

Pelajari bidang yang Anda minati sedalam-dalamnya. Dalam dunia IT banyak bidang yang bisa dipejari diantaranya programming, design, hardware & network, online business, dan bahkan game online pun bisa dijadikan sumber pendapatan jika kita mempelajari dengan sedalam-dalamnya.

Responsive

Anda harus cepat tanggap jika melihat ada peluang, sekecil apapun itu. Terus follow up sampai peluang itu dapat Anda maksimalkan sebagai kesempatan belajar tapi dibayar.

Show Up

Tunjukkan pada orang-orang disekitar Anda bahwa Anda punya kemampuan. Percuma belajar sedalam-dalamnya, Anda sebuah menguasai suatu kepandaian tetapi tidak pernah menunjukkannya ke publik. Show Up! Tunjukan potensi dan kemampuan Anda.

Yes Man!!

Jadilah orang yang berani menanggung resiko, jika ada tawaran maka jangan terlalu dipikir panjang, terima saja jika ada tawaran proyek atau pekerjaan yang datang pada Anda. Jika Anda merasa belum menguasai bidang yang ditawarkan, maka justru itulah kesempatan Anda untuk “Belajar tapi Dibayar”.

Itu adalah beberapa tips yang saya terapkan pada masa kuliah dulu bahkan hingga saai ini, semoga materi yang saya bawakan pada seminar kemarin bisa menginspirasi teman-teman yang sebagian besar adalah Mahasiswa IT maupun Mahasiswa di luar IT yang minat IT.

Materi seminar selengkapnya bisa disownload disini.

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

2 comments to Get Paid from Your Study

  • wuiihhh…mantaph kang! sayang waktu itu saya ndak bisa (the fact is: telat ndaptar) dateng, jadi hanya bisa membayangkan meriahnya seminar itu. hohoho…
    boleh juga lah tuh idealismenya: belajar tapi dibayar! memang di zaman kapitalis ini semuanya jadi semakin materialistis yah! hehehe…
    gud, gud, gud…bisa minta diajarin dah nih ilmunya! ;)

  • >dhieliem: wehehe, klo belajar tp gak untung, atau gak balik modal sama sekali y itu sia-sia menurut saya, meskipun definisi “untung” atau “manfaat” dan “tujuan” dari belajar itu berbeda untuk masing-masing orang :D

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


seven − = 6