Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Aplikasi Sensus Harian Rawat Inap

Pendahuluan

Teringat jaman PKL di salah satu rumah sakit swasta dulu, saya kebagian giliran di bagian sensus harian rawat inap. Pagi-pagi saya sudah muter-muter dari bangsal ke bangsal untuk mengambil form sensus harian yang sudah diisi oleh masing-masing perawat bangsal. Setelah terkumpul, kemudian form tersebut direkap.

Data yang ada antara lain terdiri dari:

-          Jumlah pasien masuk

-          Jumlah pasien keluar hidup

-          Jumlah pasien mati <48 jam perawatan

-          Jumlah pasien mati >48 jam perawaran

-          Jumlah pasien yang masih dirawat di masing-masing bangsal (sisa pasien)

-          Jumlah hari perawatan pasien yang keluar hari itu

Data tersebut kemudian dijumlahkan dan di crosscheck dengan data pada hari sebelumnya. Begitu setiap harinya, data dijumlahkan untuk kemudian diperoleh data performance yang beberapa diantaranya digunakan sebagai dasar pembuatan Grafik Barber Johnson untuk mengetahui tingkat efisiensi rumah sakit. Untuk membuat Grafik Barber Johnson dibutuhkan 4 parameter yaitu:

BOR (Bed Occupancy Ratio) = Rata-rata jumlah pasien keluar * jumlah kapasitas tempat tidur * 100%

Angka yang menunjukkan presentase tempat tidur yg digunakan  dalam satu tahun, BOR ideal = 75 – 85 %.

AVLOS (Average Lengt Of Stay) = rata jumlah pasien keluar * periode * jumlah hari perawatan

Angka yang menunjukkan rata-rata  lamanya seorang pasien dirawat, AVLOS ideal = 3 -12 hari.

TOI (Turn Over Interval) = (jumlah kapasitas tempat tidur – rata jumlah pasien keluar) * periode / jumlah hari perawatan

Rata-rata  jumlah hari sebuah tempat tidur tidak terisi, yaitu waktu antara sebuah tempat tidur ditinggalkan pasien sampai dengan saat ditempati lagi oleh pasien lain berikutnya, TOI ideal = 1 – 3 hari.

BTO (Bed Turn Over) = jumlah hari perawatan / jumlah kapasitas tempat tidur

Angka yang menunjukkan tingkat penggunaan sebuah tempat tidur, rata-rata jumlah pasien yang menggunakan setiap tempat tidur dalam tahun yg bersangkutan. BTO ideal => 30 kali.

Permasalahan

Dibutuhkan sebuah aplikasi atau system informasi yang bisa membuat proses diatas lebih efisien serta lebih secure atau save. Rekapitulasi data secara manual setiap hari berpotensi besar menghasilkan data yang tidak valid karena human error.

Meskipun sudah banyak yang membuat aplikasi Grafik Barber Johnson, tetapi aplikasi tersebut hanya sebatas membantu membuat Grafik Barber Johnson agar lebih praktis. Aplikasi tersebut juga tidak difasilitasi database sehingga tidak bisa menyimpan data sensus harian secara simultan.

Solusi

Beberapa waktu yang lalu tim dari Program Studi Rekam Medis Sekolah Vokasi UGM (termasuk saya anggota timnya) melakukan sebuah penelitian untuk mengembangkan aplikasi sensus harian rawat inap rumah sakit. Aplikasi tersebut mampu menyimpan data sensus setiap harinya, kemudian secara otomatis bisa menghasilkan laporan berupa data performance dan secara otomatis juga dapat langsung melakukan parsing data tersebut ke Grafik Barber Johnson.

Screenshot:

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook


Fatal error: Uncaught Exception: 12: REST API is deprecated for versions v2.1 and higher (12) thrown in /home/dianbud1/public_html/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 1273