Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Tema Tugas Akhir Pendidikan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Banyak tema yang bisa diangkat sebagai tugas akhir terkait dengan bidang rekam medis dan informasi kesehatan. Bahkan sesuatu yang sederhana bisa kita angkat menjdi tugas akhir, tergantung bagaimana kejelian kita melihat permasalahan yang ada serta mengangkat isu yang sedang hangat.
Berikut beberapa tema yang bisa diangkat sebagai tema tugas akhir pendidikan rekam medis dan informasi kesehatan:
1. Kepuasan pasien terhadap pelayanan di TPP
2. Perhitungan kebutuhan tenaga kerja (baik di UKRM maupun pada masing-masing sub-unit dari UKRM)
3. Faktor-faktor yang menghambat pelayanan di TPP
4. Analisis kualitatif dan kuantitatif berkas rekam medis
5. Ketidaklengkapan lembar atau form tertentu pada berkas rekam medis pasien
6. Keterlambatan pengembalian berkas rekam medis rawat inap ke UKRM
7. Kelengkapan / ketepatan kode eksternal causes dalam kaitannya dengan klaim asuransi
8. Kelengkapan / ketepatan kode diagnosis pada kasus ibu melahirkan
9. Ketepatan penegakan diagnosis utama penyebab kematian
10. Kelengkapan / ketepatan penentuan kode diagnosis utama penyebab kematian
11. Ketepatan penentuan kode tindakan menggunakan ICD 9 CM
12. Penghitungan kebutuhan rak penyimpanan berkas rekam medis
13. Perancangan map folder dan form rekam medis tertentu
14. Perancangan tracer atau out guide
15. Perancangan ruang UKRM yang ergonomis
16. Kompetensi staf UKRM
17. Perancangan user interface sistem informasi RS/ klinik/ Puskesmas/ Dokter praktek
18. Perancangan database sistem informasi RS/ klinik/ Puskesmas/ Dokter praktek
19. Pembuatan sistem informasi RS/ klinik/ Puskesmas/ Dokter praktek
20. Duplikasi nomor rekam medis
21. Missed File
22. Persiapan pemusnahan berkas rekam medis inaktif
23. Pelaksanaan penyusutan dan pemusnahan berkas rekam medis inaktif
24. Aspek keamanan ruang filing
25. Pelaksanaan sensus harian rawat inap
26. Faktor penghambat sensus harian rawat inap
27. Pelaksanaan INA DRG
28. Perbandingan biaya antara perhitungan fee for services dan case mix
29. Statistik rumah sakit terhadap pengambilan kebijakan manajemen rumah sakit
30. Feedback dinas kesehatan terhadap pelaporan Puskesmas/ Rumah Sakit
31. Faktor keterlambatan pelaporan ke dinas kesehatan
32. Elektronisasi atau digitalisasi pelaporan ke dinas kesehatan

 

Terkait dengan tema tugas akhir/ karya tulis ilmiah terkait rekam medis dan informasi kesehatan, lebih lengkap dapat Anda dapatkan disini.

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

378 comments to Tema Tugas Akhir Pendidikan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

  • mirra

    pak dian saya mau mnt pendpat ttg judul TA saya,,
    begini,, di tempat pkl saya bny ditemukan kasus pulang paksa.. walaupun nilai avlos masih dlam nilai standar yaitu rata2 3 hari..
    kalo judulnya : analisis lamanya rata2 pasien dirawat (avlos) berdasarkan keadaan pulang pasien rawat inap di RS X.. bgmn ya?.. mohon balesannya pa.. trims..

  • edi: di bukunya Bu Vitri jg ada itu.. (2011)

    erna: wa’alaikumussalam,, ya itu boleh jg.

    hesti: masih sangat dibutuhkan, terutama utk instansi swasta :)

    lilis: wa’alikumussalam,, ya boleh saja.. referensi pakai saja buku yg membahas sistem penomoran

    rahmi: bisa mengambil tema “Perancangan SIMPUS” jd cuma perancangan, tidak sampai ke implementasi jg tdk apa2

    luna: banyak faktor,, kalau secara fisik berkas bisa dilihat di buku2 kearsipan,, kalau standar keamanan kan sudah diatur di Permenkes tentang RM itu :)

    mirra: kalau masih dalam nilai standar berarti sebenarnya tidak ada masalah,, no problem no research.. kalau masalahnya banyak pulang paksa itu lebih masalah kepuasan pasien dan kualitas pelayanan bangsal :)

  • aidea07

    Assalamualaikum… pak mau tanya.. kalo judul TA ttg analisis tingkat keakuratan kode diagnose berdasarkan ICD 10 dengan analisis tingkat ketepatan kode penyakit DM berdasarkan ICD 10 itu lebih baik pilinh yg mana pak..??? dRS yg saya teliti diagnosis untuk DM nya hanya ditulis DM aja tanpa ada komplikasi2nya gitu,. kalo seperti itu gmana ya pak…?
    Mohon bantuannya pak…
    Makasih….

  • eria

    pak tolong saya sayang ini sedang menghadapi sidang temanya tentang perhitungan kebutuhan rak penyimpanan rekam medis buku apa yang tepat untuk itu pak mohon bantuanya pak saya sulit mencarinya

  • cunenx

    salam kenal pak
    saya jga sangat kesulitan mencari buku-buku untuk menghadapi sidang ini..
    tema saya sama kaya eria tentang perhitungan kebutuhan rak penyimpanan rekam medis…
    apa bapak tahu buku buku apa saja yang termasuk tema saya…
    mohon bantuannya pak…

  • Assalamu’alaikum…
    Salam kenal…pak, sya mahasiswi sem 7 prodi kesmasy dgn konsentrasi SIK-RM…
    Pak, saya mau tanya misal saya mengambil judul untuk skripsi saya ” Analisis konsistensi diagnosis pasien terhadap ketepatan tindakan medis pada pasien rawat inap di RS XX” bagaimana menurut bapak ??
    Terimakasih sebelumnya..^_^

  • annida

    ass pak minal aidzin buat semuanya
    pak saya lg menghadapi TA saya bingung dalam pembuatan tema yg bagus dan dpt dipaham. kira2 apa ya pak tema yg tepat??

  • shevira

    assallamuallaikum

    pa saya mau nanya,klo bwt judul TA yang prosedur mortalty coding klo di hubungkan dengan syarat rekam medis berguna menurt Hatta bsa ga?terus klo judulnya gmna yah
    makasih

  • >Rere: wa’alaikumussalam, saya kira kalau itu levelnya dokter,, kalau rekam medis lebih ke ketepatan pengkodean diagnosis dan tindakan saja :)

  • Rere

    Ok pak…Terimakasih….^_^

  • vina

    Assalamu’alaikum ..
    Malem Mas ..

    Vina mau minta sarannya,
    Ini Vina masih bingung mau nentuin judul buat TA,
    masalah yang d ambil tengtang kelengkapan form anamnesa khusus pasien kelecalakaan yang nantunya bersangkutan dengan jasa raharja ..

    Kalo gitu masalahnya, judul yang tepat buat masalah d atas seperti apa Mas mohon dikasih tahu ..

  • halimah

    assalamu’alaikum pak budi..

    mau tnya, saya mau tanya, saat ini saya sedang menghdapi sripsi dan dari kampus diharuskn mengambil jdul mengenai SIMKES RS nya, kira2 pak budi tau apa tema yg tepat untuk jdul saya.. kalau yg faktor2 penghmbat pelayanan di TPP bs gak ya pak??

    terimakasih.. ditggu pak infonya.. :)

  • lilis

    ASSALAMUALAIKUM,,
    mau tanya,,saya kan ambil judul duplikasi nomor RM,,materi tentang duplikasi blm ada..kira2 referensi apa ya mas?
    galau nich

  • luna

    pak..assembling (penataan lembar RM) itu tiap rumah sakit brbeda2 tergantung RSnya? atoo seharusnya ada standardnya sendiri sih dlm penyusunan urut lembar RMnya itu? terimakasih

  • Anisa

    Assalammualaikum pak, saya mau buat judul TA tentang desain formulir, apakah itu bisa dijadikan judul?

  • vina

    Assalamu’alaikum …
    Mas mohon sarannya, yg saya kirim tgl 21 ..

  • Rahmi

    ow…gitu ya mas…trus refrensinya di ambil dr mictrosof visual basic atau acces???

  • >vina: wa’alaikumussalam, tingkat kelengkapan form anamnese khusus pasien kecelakaan di pasien X, gtu saja kalau mau kualtitaif, kalau mau kuantitaif ya harus ada variabel lain
    >halimah: evaluasi penggunaan SISMRS di bagian TPP RS X, gitu saja.. evaluasinya bisa diambil dari bbrp sudut pandang misal efisiensi waktu, penanganan duplikasi data, dll
    >luna: assembling ada standar masing2 RS
    >

  • luna

    permisi.. pak, lembar KIUP itu apa harus disimpan selamanya? klo tidak,dsimpan smpai brp lama? maturnuwun :)

  • prapti

    asslmualikum..permisi pak..pak saya mau tanya..saya tu judul skripsiny “analisis sistem informasi dalam mendukung pelaporan eksternal rumah sakit ” kira-kira nanti saya meneliti tentang SIMnya atau pelaporanya..dan untuk referensinya saya mengunakan buku pa ya pak..terimakasih..

  • anni

    assalamualaikum pak. maaf pak, mau mnta pndapat ttg TA saya. Saya rncana mau ambl tema Antrian Pendaftaran Rajal. dgn permasalahan di RS “X” tdk mmpunyai sstem antrian, dan pelayanannya tdk ssuai dgn antrian pasien, jdi siapa yg suara plg keras/ tngan yg plg berkuasa itu yg mndpatkan playanan yg lbih dahulu. jadi bgmna pak judul yg sesuai dan teori/referensi yg teat d gunakan. mohon di bls. terimakasih.

  • shevira

    pa tolong jawab pertanyaan saya yang tanggal 14 september

    terimakasih

  • >luna: penyimpanan KIUP disesuaikan kebijakan masa retensi berkas rekam medis di RS terkait
    >prapti: wa’alaikumussalam,, bukankan seharusnya sistem pelaporan itu include di SIM-nya?
    >anni: wa’alaikumussalam, perancangan sistem antrian.
    >shevira: udah kelewat lama, Anda sms saja kalau mau respon yang real time :)

  • angga

    aslmakum pak.. saya mau tanya, klu judul nya analisis ketidaktepatan pengodean diagnosa pasien obsygn, msalnya di tambah dengan jampersal dan non jampersal? gmna mnrut bpak? mhon bantuannya pa? trmksh…

  • lova

    hallo pa..salam kenal.. :)
    sy salut sama p dian, bisa jadi inspirasi buat tmn2 yg lg ambil studi rekam medis :)
    sy mhsswa tngkt3 , lagi nyusun TA , rencananya sy bingung mo nentuin judul, yg jelas, masalah yg saya temuin di rs X kartu berobat rwt jalan tu terbuat dr karton biasa, cepat rusak, kadang cuma ditulis biasa pake pulpen, sehingga cepat rusak dan itu menyebabkan pasien jarang bawa kartu berobat jadi pas proses ppendaftaran lama pencarian datanya.. kira2 bgm pa? apa bisa jdulnya “keefisienan kartu berobat rawat jalan rs x terhadap lama waktu pendaftaran ” ? bisa ga pa kira2 dihubungkan begitu? mohon jawabannya ya pa, saya butuh inspirasi :) trmksh bnyk sblmnya :)

  • >angga: begitu juga bisa, disesuaikan dg masalah, kebutuhan RS, dan kemampuan peneliti (dari segi waktu) terutama :)

    >lova: bisa, langsung saja ke perancangan kartu pasiennya, jadi output penelitian-nya nanti adalah sebuah rancangan kartu pasien yg efektif dan efisien :)

  • assalamualaikum..
    pak dian,salam kenal!!
    saya mahasiswa semester 5 jurusan SIK & RM mw mnta masukan judul skripsi tentang hubungan antara SIK dan RM??

  • wanty

    salam…pak sya mw nanya referensi jdul LS&TA untk jurusan manajemen pelayanan rumah sakit donk…
    atw ad tmn2 yg mw share krirm ke email sya ya onety14@yahoo.com trmksh

  • the g judul yg tntg ergonmi yg detail,,..

  • the g judul yg tntg ergonmi yg detail,,..

  • bagus

    pak budi salam kenal, saya Bagus mahasiswa smester 7 MIK.
    kira kira ada judul yang tepat untuk skripsi saya mengenai pemprograman komputer terkait dengan perjanjian pasien rawat jalan.
    trims…

  • aldy

    salam knal pak,
    sya aldy mhsswa RM sem 5,mau tnya sya ngmbil judul ttg desain formulir,kira2 bagus ga ?? ap hrus d’analisis dlu sblum di desain ??

  • tentang Quallity assurance apa donk

  • tentang Quallity assurance apa donk

  • tentang Quallity assurance apa donk

  • tentang Quallity assurance apa donk

  • tentang Quallity assurance apa donk

  • tentang Quallity assurance apa donk

  • Nizar jun

    pak kalau Tugas akhir/KTI saya judulnya “Tinjauan mengenai ketepatan kodifikasi dan tindakan penyakit guna menunjang klaim asuransi pasien rawat inap dengan sistem casemix INA-CBG’s di rumah sakit x” bisa gak yah ???? kira2 permasalahan apakah yang diteliti ya pak ?

  • >bagus: perancangan sistem informasi pasien perjanjian

    >aldy: ya lakukan analisis kebutuhan formulir yg akan dibuat

    >nizar: ya itu bisa, lah Anda mau penelitian kan harusnya sudah tahu kalau disitu ada permasalahan, no poblem no research :)

  • Nizar jun

    ehhh.. maksudnya referensinya aoa aja.. mohon pencerahan ????

  • bagus

    iya trims,
    rumah sakit sayakan sudah setengahnya menggunakan elektronik, kira kira ada judul lain tidak pak? mengenai sistem perjanjian rawat jalan trima kasih..
    saya mahasiswa esa unggul jakarta salam kenal pak budi..

  • salam kenal pak,
    pak saya minta masukan kalu saya mau bwt TA tntg koding penyakit,yg mudah koding penyakit apa ia pak???
    mhon bantuan.na pak

  • salam kenal pak,
    pak saya minta masukan kalu saya mau bwt TA tntg koding penyakit,yg mudah koding penyakit apa ia pak???
    mhon bantuan.na pak

  • salam kenal pak,
    pak saya minta masukan kalu saya mau bwt TA tntg koding penyakit,yg mudah koding penyakit apa ia pak???
    mhon bantuan.na pak

  • Malarindu apa mala pejah
    Hahahhhhhaaaaa

  • Malarindu apa mala pejah
    Hahahhhhhaaaaa

  • Malarindu apa mala pejah
    Hahahhhhhaaaaa

  • Malarindu apa mala pejah
    Hahahhhhhaaaaa

  • Malarindu apa mala pejah
    Hahahhhhhaaaaa

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


six − 4 =