Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Tema Tugas Akhir Pendidikan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Banyak tema yang bisa diangkat sebagai tugas akhir terkait dengan bidang rekam medis dan informasi kesehatan. Bahkan sesuatu yang sederhana bisa kita angkat menjdi tugas akhir, tergantung bagaimana kejelian kita melihat permasalahan yang ada serta mengangkat isu yang sedang hangat.
Berikut beberapa tema yang bisa diangkat sebagai tema tugas akhir pendidikan rekam medis dan informasi kesehatan:
1. Kepuasan pasien terhadap pelayanan di TPP
2. Perhitungan kebutuhan tenaga kerja (baik di UKRM maupun pada masing-masing sub-unit dari UKRM)
3. Faktor-faktor yang menghambat pelayanan di TPP
4. Analisis kualitatif dan kuantitatif berkas rekam medis
5. Ketidaklengkapan lembar atau form tertentu pada berkas rekam medis pasien
6. Keterlambatan pengembalian berkas rekam medis rawat inap ke UKRM
7. Kelengkapan / ketepatan kode eksternal causes dalam kaitannya dengan klaim asuransi
8. Kelengkapan / ketepatan kode diagnosis pada kasus ibu melahirkan
9. Ketepatan penegakan diagnosis utama penyebab kematian
10. Kelengkapan / ketepatan penentuan kode diagnosis utama penyebab kematian
11. Ketepatan penentuan kode tindakan menggunakan ICD 9 CM
12. Penghitungan kebutuhan rak penyimpanan berkas rekam medis
13. Perancangan map folder dan form rekam medis tertentu
14. Perancangan tracer atau out guide
15. Perancangan ruang UKRM yang ergonomis
16. Kompetensi staf UKRM
17. Perancangan user interface sistem informasi RS/ klinik/ Puskesmas/ Dokter praktek
18. Perancangan database sistem informasi RS/ klinik/ Puskesmas/ Dokter praktek
19. Pembuatan sistem informasi RS/ klinik/ Puskesmas/ Dokter praktek
20. Duplikasi nomor rekam medis
21. Missed File
22. Persiapan pemusnahan berkas rekam medis inaktif
23. Pelaksanaan penyusutan dan pemusnahan berkas rekam medis inaktif
24. Aspek keamanan ruang filing
25. Pelaksanaan sensus harian rawat inap
26. Faktor penghambat sensus harian rawat inap
27. Pelaksanaan INA DRG
28. Perbandingan biaya antara perhitungan fee for services dan case mix
29. Statistik rumah sakit terhadap pengambilan kebijakan manajemen rumah sakit
30. Feedback dinas kesehatan terhadap pelaporan Puskesmas/ Rumah Sakit
31. Faktor keterlambatan pelaporan ke dinas kesehatan
32. Elektronisasi atau digitalisasi pelaporan ke dinas kesehatan

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

355 comments to Tema Tugas Akhir Pendidikan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

  • tita

    jadi dr judul sya ANALISIS EVISIENSI PELAYANAN RAWAT INAP BERDASARKAN GRAFIK BJ sya harus meneliti semua indikator ya pak BOR,LOS,TOI n BTOnya,,,,
    kalu referensi sya cma menemukan bukunya dr.rano tentang statistik rumah sakit.
    ada saran referensi lain lg gak pak?
    mkasih :)

  • >tita: yap itu cukup, bukunya pak rano yg tentang statistik rumah sakit sudah sangat lengkap :)

  • tita

    ok.. mkasih pak…:)

  • ina

    slm kenal mas…
    mas saya tnya klo mau ngmbil kti tentng pelaksanaan pemusnahan atau retensi berkam rekam medis inaktif it gmn….
    truz referensinya pa…
    maksih…

  • >ina: bisa meneliti proses pelaksanaan dari persiapan sampai pemusnahan, tp ya memang jarang RS yg melaksanakan pemusnahan, rata2 masih disimpan dlm tempat penyimpanan berkas inaktif.

  • hedi supriyadi

    pak kaw judul tentang tinjauan faktor2 yang mempengaruhi pelaksanaan pengisian sensus harian pasien rat inap… kira2 bukunya ada gak ya,,,,

  • luna

    saya tanya.. Surat Edaran DirJen YanMed no.HK.00.06.1.5.01160 tahun 1995 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Formulir Rekam Medis Dasar dan Pemusnahan Arsip Rekam Medis,,apakah itu sudah yang terbaru?? bila ada yg baru..apa ada yg punya formnya? trimakasih..

  • sugeng

    mas saya ngmbil kti tentang pengisian lembar discharge summary…
    kira” judul yang pas buat pengambilan discharge summary…
    trz referensinya apa…
    mas buku pormiki thn 1991 itu pnya gak…
    mhon bntuannya…

  • tri

    kalo buku depkes tahun 1997 gag diperbolehkan sama dosen saya..

    selain 1997 ada gag yang lain ?

  • >hedi: Bukunya Pak Rano Indradi,,

    >luna: maaf terkait perundang-undangan saya kurang tahu :D

    >sugeng: saya tdk punya bukunya, bisa main ke website pormiki terus tanya ke adminnya :)

    >tri: revisi dari yg 1997 adalah buku MIK (2008) dg editor bu Gemala Hatta, tp arahnya sudah ke rekam medis elektronik, kalau mau referensi terkait rekam medis manual bisa cari bukunya Bu Savitri Citra Budi,,

  • sugeng

    mas….hubngan discharge summary ama laboratorium apa…
    mhon bntuannya…

  • luna

    ehmm…gmana ini pak? saya ambil penelitian retensi nih. saya nemunya dasar hukum Surat Edaran DirJen YanMed no.HK.00.06.1.5.01160 tahun 1995 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Formulir Rekam Medis Dasar dan Pemusnahan Arsip Rekam Medis. tapi disitu menyebutkan berdasar permenkes 749 dan UU Kearsipan 1971. itu kan permenkes dan UU yg lama. yg baru ada mana ya? :(

  • rizal

    pak…saya mohon bantuannya..
    saya lagi ngerjain tugas akhr,,saya sdh konsul ke dosen pmbmbng tentang kelengkapan resume medis dilihat dr penunjang medis hasil lab dan radiologi…
    tp dosen pembmbng saya gak diperbolehin ambil kelengkapan….
    jadi saya harus ngmbil judul kyk gmn…
    mohon bntuannya….
    terima kasih..

  • Riski

    ass pak budi,,
    pak KTI saya ingin mengambil tema ini “Statistik RS terhadap Pengambilan Kebijakan Manajemen RS”. Judul yang tepat untuk tema tsb apa pak??? mohon bimbingannya pak budi….
    terimakasih pak, wasalamualaikum wr wb

  • ass pa..
    slam knal :)

    Pa, saya bingung untuk judul TA. Laporan Semester (LS) saya berjudul Prosedur pelaksanaan pelayanan Asuransi Kesehatan (Askes) di rumah sakit. Kira-kira mnurut bpa judul TA (untuk variabel 2 nya) yg berhubungan dg LS saya,mengacu kpd peran RM apa ya??
    mohon bantuannya.
    trims :)

  • Rina

    pak, kalo tentang kebutuhan tenaga kerja itu referensi nya apa ya? makasih..

  • Rizki

    Asskum….
    mas sya mau nanya klo jdul KTI nya mslh kodeng, buku refrensi selain ICD ada gak?

  • Hendar

    assalamuallaikum.
    pa saya mahasiswa tingkat akhir jurusan rekam medis.
    saya sedang menyusun Tugas Akhir yang berjudul “Pelaksanaan sensus harian rawat inap” apakah bapa mempunyai referensi-referensi baccan untuk tema sensus harian rawat inap ?
    terima kasih banyak.
    waalaikumsallam

  • >rizal: cari tema lain saja, lagipula penunjang medis sperti hasl lab / radiologi biasanya kan jg tdk dicantumkan di resume medis :)

    >rizki: tinjauan pembuatan laporan internal terkait pengambilan kebijakan manajemen RS

    >ruci: wa’alaikumussalam,, RM berpera di bagian medico legal, claim asuransi, pembuatan surat keterangan medis, visum, dll

    >hendar: wa;alaikumussalam, baca di komentar2 sebelumnya -> bukunya pak rano ttg statistik rumah sakit

  • vita

    pak saya anak semester 6 rekam medis dan informatika kesehatan. untuk pembuatan KTI, saya ngambil permasalahan tentang EMR. sy mau nyari referensi lain untuk EMR selain dari bukunya gemala hatta.

    makasih

  • luna

    pak..retensi berkas rekam medis rawat jalan itu apa ada lembar tertentu yang perlu dipisahkan? atau hanya melihat kelengkapan lembar rawat jalan saja? lalu langsung dimusnahkan begitu? trimakasih:)

  • nindha

    kalo tentang asuransi bagus nya judulnya apa ya??

  • >vita: pakai jurnal luar negeri saja, di Indonesia belum banyak yg membahas EMR :)

    >luna: klo dokumen rawat jalan biasanya semua dimusnahkan, yg diselamatkan dari rawat inap yaitu resume dan surat penting sperti informed consent dan laporan operasi

  • cinta

    askum pak,saya cinta mw tanya tentang rekam medis forensik,apakah ada permenkes atau UUD yng membahas tentang kelengkapan rekam medis forensik?? mohon jawaban secepatnya ya pak,,trimakasih wasalam..

  • asep

    pak,saya mau minta pencerahan,kan saya ngambil judul “Analisis waktu tunggu pasien RJ pada pelayanan RM di Rs xxxx ” ,pasien per hari kurang lebih ada 400-500.saya kan PKL 2 bulan ,populasi nya ngmbil dari berapa hari ya?trus brp jmlh sample yang layak…mksh

  • parmitu

    Maaf pak..setelah membaca beberapa judul tugas akhir yang bapak buat, belum mampu mencerminkan pengolohan data secara terkomputerisasi dengan kata lain mata kuliah komputer dan aplikasinya pada rekam medik belum berperan.padahal jika dilihat dari kurikulum rekam medik cukup banyak terdapat matakuliah komputer. dan apakah permodelan analisa bisa diterapkan pada pendidikan jenjang Diploma?

    thanks

  • Cinta: wa’alaikumussalam, untuk yg spesifik forensik saya kurang tahu

    asep: tergantung metode sampling dan rancangan penelitian yg km pakai, kalau kuantitatif sudah lebih dari 30 jg sudah cukup

    parmitu: lihat judl 17, 18, 19, disitu ada perancangan mulai dari user interface (form elektronik), perancangan database, sampai dengan pembuatan sistem informasinya.
    kurikulum baru yg dibahas di konferensi AptiRMIK kemarin memang menambahkan porsi yg lebih banyak utk database dan pemrograman sehingga diharapkan lulusan diploma rekam medis jg menguasai IT secara praktis.

  • rendy

    mas ….
    bantu saya …
    saya sdang menyusun kti tp smpek skg judul blom ada.
    nrut mas ap ni yg bgus dan mudah tk d pelajari , n teliti ?

  • ani

    ass. pak… sya mau nanya… kalau d’rs tidak melaksanakan sensus harian. bs ga sya ambl judul itu ???

  • rolam

    mas saya lagi ngerjain tugas akhir ini
    saya punya judul KTI saya yaitu :
    PENGARUH SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT ( SIRS )TERHADAP PENYELESAIAN MASALAH DUPLIKASI NOMOR REKAM MEDIS RAWAT JALAN. MENURUT MAS GMN YA DGN JUDUL SAYA INI?

  • >rendy: baca komentar2 sebelumnya saja, smg mendapat inspirasi, intinya semua mudah kok :)

    >ani: bisa, misal membuat protap sensus harian

    >rolam: “Pengaruh pendaftaran pasien secara elektronik terhadap kasus duplikasi nomor rekam medis di RS X”

  • dian

    mas saya mengambil judul kti: keterlambatan pengembalian berkas rm dari ranap. ada ngga UU ttg keterlambatan pengembalian berkas rm yg >2×24 jam? kira2 yg paling spesifik mengenai pengembalian berkas rm dari ranap itu apa aja yah mas? thanks

  • ani

    mas… mau nanya… kode ibu melahirkan itu contoh’y gmna ?? untuk bayi baru lahir skit, sehat atau meninggal ,,, itu dikode juga ngga ??
    kalau maslnya lahir scra SC,, kalau SC nya aja yang dikode,, sedngkan diagnosa akhirnya ngga dikode itu berarti ga akurat ya ??

  • amie

    mikuum paa,, saya mau tanya kalo untuk menghitung luas penyimpanan berkas inaktif bisa d prediksikan seperti berkas yg aktif ga yaa?? makasiih

  • luna

    permisi pak..sya mw tanya. pak dlm plaksanaan pemusnahan BRM inaktif kn sblm dmusnahkan kn dilakukan penilaian trlbh dhulu, nah penilaian itu kn memilah lembar2 trtentu “resume medis & pertindik” untk dsimpan permanen. Nah bdsar SE dirjen yanmed ttg pemusnahan dsebutkan yg dimusnahkan yaitu lembar BRM sisa & lembar yg kondisinya rusak. lah kl lembar resume mdis & pertindik rusak dan ga bsa trbca,bgmna? ga ada yg dprmanenkan dunk.bgmn kl spti itu? trimakasih

  • luna

    dan klo informasi dlm resume medis dan pertindik tdk lengkap apa jg dsimpan permanen? krn sya pnlitian jg mnemukan informasi dlm lembar tsb tdk lengkap,kdg sya jg mnemukan BRM yg tdk ada lembar resumenya, bgmna klo spti itu? trmakasih pak :)

  • aldi

    klo saya mau ngambil judul KTI tentang data kuantitatif judul yang pas apa ya pak
    mksih

  • >ani: kode ibu melahirkan kan macam-macam, melahirkan dimana? bagaimana cara melahirkan (normal/CC)? brp jml anak yg dilahirkan? bagaimana kondisi anak (hidup/mati)? dll
    kalau tdk dikode semua brarti kodenya belum akurat.

    >amie: bisa,

    >luna: ya itu kesalahan pihak RS-nya, harusnya berkas RM dijaga baik2 jangan sampai rusak, makanya ada standar bagaimana seharusnya ruang berkas yg baik,
    kalau tdk lengkap tetap disimpan permanen utk menjaga jika suatu saat ada kasus maka bs dijadikan bukti, kalau yg kosong tdk diisi sm sekali y dimusnahkan saja

  • amie

    okee dehh…
    ada referensi nya ga paa?? hee

  • dian

    permisi pa’ sya mw nanya,, klo judul tentang resume medis ,,, buku yg cocok sebagai referensi apa ya,,, makasih pa,,,,

  • yessica intan

    saya mau bertanya buku reverensi mengenai ketidaklengkapan berkas rekam medis bpasien rawat inap apa-apa saja??

  • PRAM

    Mau tanya saya kan pakai judul TA Analisis Kuantitatif Resume Medis apakah ada referensi yang bisa saya pakai selan gemala hatta.,.,????
    terimakasih

  • pak saya mau tanya, klo judul yang seperti ini bs g pak?
    “gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi kerja petugas unit rekam medis dalam melaksanakan program SIM-RS”
    apa g terlalu luas untuk KTI yg akan saya angkat pak?

  • >all: untuk referensi silahkan baca komentar-komentar sebelumnya

    >numori: bisa saja, kalau Anda merasa terlalu luas ya ambil salah satu bagian, misal TPP saja, atau pelaporan saja.

  • edi kurniawan

    mau tanya, klo referensi tentang penyusutan judul bukune apa?

  • erna

    ass..pak,,
    saya punya judul skripsi tentang pengaruh ketidaklengkapan pengisian lembar resume medis terhadap mutu berkas rekam medis>>
    bagaimana menurut bpk??
    makasih pa:)

  • lilis

    ass,,pak saya mau tanya,,
    saya mau mngambil jdul FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB REDUNDANSI NO RM,,,kira-kira bgmna menurut bapak dan refernsi yang cocok apa,,,saya lgi bingung…

  • lilis

    mohon di blz ya pak,,,
    terima kasihhh,,,

  • Rahmi

    salam kenal pak Budi…
    saya mau tanya,,!!bolehkan…???
    saya ingan memngabil di Tugas Akhir saya “SISTEM KOMPUTERI SASI DI PUSKESMAS”
    saya bingung, sebab di daerah saya tinggal tidk ada Puskesmas yg menerapkap komputerisasi baik dalam penerimaan pasien maupun pelaporannya,,,,,,,
    apakah saya harus mengaplikasikannya langsung di puskesmas atau bg mn???

    terima kasih

  • luna

    standar penyimpanan berkas rekam medis yang baik itu berdasar apa pak?? trimakasih :)

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


2 + seven =