Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Insitusi Pendidikan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di Indonesia

Waktu saya memutuskan untuk masuk ke pendidikan rekam medis sebelumnya saya tidak tahu menahu tentang rekam medis, apalagi di UGM ada Program Studi Rekam Medis, saya sama sekali tidak tahu dan masih sangat awam (tahu ada Prodi Rekmed di UGM juga dari teman, dan daftar juga iseng-iseng.. hehe). Sekarang rekam medis mulai dikenal dan banyak peminatnya dan ini sejalan dengan semakin menjamurnya institusi pendidikan rekam medis di Indonesia. Apalagi tenaga rekam medis telah diakui sebagai tenaga kesehatan berdasarkan PP RI No 32 Tahun 1996 tentang Tenaga Kesehatan.

Berikut saya berikan list institusi pendidikan rekam medis dan informasi kesehatan di Indonesia mulai dari jenjang D3 hingga S2. Ini cuma yang terindeks di google, yang belum saya tampilkan disini berarti belum punya website atau website-nya belum terindeks google (yang belum punya website bisa memesan ke saya.. hehe).

D3

Universitas Gadjah Mada  - Yogyakarta

Universitas Indonesia Esa Unggul  - Jakarta

STIKES dharma Landbouw – Padang

Universitas Dian Nuswantoro – Semarang

APIKES Mitra Husada – Karanganyar

APIKES Iris – Padang

APIKES Mandala Waluya – Semarang

APIKES Pena Husada – Surabaya

APIKES Bumi Husada – Jakarta

STIKES Panakukang Makasar

STIA Malang

Poltek Piksi Ganesha Bandung

APIKES Bandung

Politeknik TEDC Bandung

STIKES Hang Tuah Pekanbaru

Selain itu ada juga institusi pendidikan rekam medis dan informasi kesehatan yang menyelenggarakan program D3 di Bali dan Kalimantan (ini cuma dengar-dengar saja)

D4

Politeknik Negeri  Jember

S1

Universitas Indonesia – Jakarta (Manajemen Informasi Kesehatan, Informatika Kesehatan)

Universitas Muhammadiyah  Surakarta (Manajemen Informasi Kesehatan)

Program Transfer D3 ke S1

Universitas Indonesia – Jakarta (Manajemen Informasi Kesehatan, Informatika Kesehatan)

Universitas Muhammadiyah  Surakarta (Manajemen Informasi Kesehatan)

S2

Universitas Gadjah Mada – Yogyakarta (Sistem Informasi Manajemen Kesehatan)

Universitas Indonesia – Jakarta (Sistem Informasi Manajemen Kesehatan, Informatika Kesehatan)

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

126 comments to Insitusi Pendidikan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di Indonesia

  • wa’alaikumussalam,
    perkembangan rekam medis akan semakin bagus ke depannya, ya di seluruh wilayah indonesia, yg penting upgrade skill dan pengetahuan saja terutama terkait teknologi karena arahnya kan sudah ke manajemen informasi kesehatan :)

  • sonya

    mau tanya nih mas, sekolah yang disebutin di atas itu yang termasuk negri yang mana ya? selain ugm dan ui tentunya. terimakasih.

  • STIKES panakukang, Politeknik Negeri Jember

  • caca

    kalo yg dibali kira2 dimana tempatnya ya ?

  • hesti

    mw tanya nh.. kira2 peluang untuk rekam medis 3th kedepan gmn y?

  • Juliana Sari

    di Solo juga ada APIKES Citra Medika kak.. ^^ websitenya juga ada… ^^

  • wah ,
    mas budi.
    Saya jd gg nyesal, msk kuliah rekam mdis.
    Awal.a mama yg bujuk. .
    Aq sm skali gg tau ap it rkam mdis . .
    Saya d stikes dharma landbow padang.
    Lulusan sma ’12.
    Tp bsan jg nggu kuliah.a

    tgl 24 br ospek:D

    mksh all info.a:)

  • Astrid Glory

    Di Jogja juga ada Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia Yogyakarta, Jurusan D3 Perekam Medis dan Informasi Kesehatan :))

  • ENDAH

    apakah akreditasi mempengaruhi kita dalam mencari pekerjaan

  • Rika

    assalamu’alaikum wr wb.
    Pak saya kelas 3 SMK analisis kimia yg insyaallah taon dpn lulus UNAS . mau nanya nih pak ttg pendaftaran rekam medis di UGM cara nya gimana ya ?
    terus kalo di bandingin dgn fakultas kebidanan kira2 prospek k dpn nya bagus.an mana yya ? :)
    terimakasih pak
    ^^wassalamua’alaikum

  • kania

    dibali sudah ada unversitas dengan jurusan rekam medis, tetapi nama prodinya Perekam dan Informasi Kesehatan (S1), dan saya salah satu mahasiswanya:).

  • rika: wa’alaikumussalam,, semuanya bagus kok.. :) kalau di UGM khusus rekmed dan kebidanan ada ujian mandiri, ada jalur penulusar bibit unggul juga, update aja infonya di sv.ugm.ac.id

    kania: siiip.. keren, nama kampusnya apa? :)

  • Revy Farmaduha

    Assalamualaikum wr.wb :) di Pekanbaru juga sudah ada mas jurusan rekam medis. Nama prodinya Perekam dan Informatika Kesehatan (PIKES) jenjang DIII :D di STIKes Hang Tuah Pekanbaru :D :D :D

  • perguruan tinggi jurusan rekam medis yang ada di Bandung, yang paling bagus dimana?

  • >revy: wa’alaikumussalam.. OK, OK, segera ditambahkan, salam kenal utk semua mahasiswa disana :)

    >rani: semuanya bagus kok :)

  • Linda Erfina

    assalamu’alaikum ,
    aku sekarang udah kelas 3 SMA, aku mau masuk perguruan tinggi yg menyediakan jurusan rekam medis dan informasi kesehatan, aku pengen nya di politeknik TEDC bandung, nah aku gak tau apa aja yg harus dipersiapin untuk bisa lolos tes di poltek TEDC bandug itu ?
    tolong info nya …

  • >linda: wa’alaikumussalam, saya rasa semua test masuk ke perguruan tinggi itu sama saja, ya belajar saja seperti persiapan ujian masuk perguruan tinggi pada umumnya, untuk lebih jelasnya hubungi kampus yg bersangkutan :)

  • dwy

    maav mas mau tanya, kalau SIMKES diindonesia apa hanya s2 kalau s1 kira2 ada g ?

    trus RM s1 itu ada atau tidak?

    trmksh

  • Anjelia

    Mas,,aku liat ada info jenjang S1 Perekam dan Info.Kes di Undhira Bali
    kira-kira lebih bagus mana yya kalo mau transfer dari D3 RMIK ke S1 PIK atau ke S1 MIK ?
    :):D
    mohon pencerahannya..
    thank you..
    :)

  • aikh

    assalamu’alaikum..
    mas.. saya berminat untuk melanjutkan ke RM di UGM.. kira2 syarat untuk masuknya gimna ya mas ?? apakah dibuka untuk jalur undangan ??

  • >dwi: S1 spesifik RM belum ada, yg ada S1 Kesmas minat MIK

    >anjelia: saran saya ke S1 MIK

    >aikh: untuk lebih jelasnya buka saja sv.ugm.ac.id :)

  • gayuh raiza

    mas mau tanya kampus yang ada jurusan rekam medis di solo selain UMS itu dimana lagi sih?? thx

  • setahu saya cuma di UMS (S1 kesmas minat MIK) :)

  • gayuh raiza

    kalo yang di daerah jawa tengah mas,, mana aja kampusnya?? hehe

  • Mas,saya mau tanya
    Beda s1 MIK dan s1 PIK apa yah??
    Dan untuk k depanya mna yg lebih d utamakan??
    Mohon pencerahanya y mas
    Trima kasih ^.^

  • >memey: sama saja,, yg diutamakan malah yg D3 Rekam Medis, kalau mau melanjutkan dari D3 Rekam Medis silahkan ke S1 MIK :D

  • Jablay

    mas saya butuh ide nh buat proposal skripsi,…. bisa bantu ide ga terkait informatika kesehatan :D

  • istie

    aq D3 rekam medis ….mw lanjud ke s1 rekam medis …. d sumut udah ada ga ya? soalnya klo k Ui kjauhan…aq sambil krja jg ..MOhon info dong:-)

  • bayu

    mau tanya nih mas, kalau di unair ada transfer d3 rekam medik ke s1 FKM tidak?

  • >istie: di sumut saya kurang tahu, mungkin teman2 ada yg tahu?? :D
    >bayu: di UNAIR ada program alih jalur untuk Kesmas, silahkan kunjungi website-nya untuk keterangan lebih lanjut :)

  • dhody krisdiyanto

    mas mau tanya kalo wktu SMA jurusannya IPS bsa gak si kuliahnya ambil jurusan rekam medis …….

  • iisdewi

    ass.mas kalau universitas yang ada jurusan RM di bandung mana aja?yang negri?

  • anna juliyana

    mas aku ini dari politeknik piksi ganesha bandung informatika rekam medis d4,katanya s1 rekam mdeis susah dapet kerja ya?apa lagi di kampus saya baru jurusan itu jd belum terakreditasi baru ada 2 lulusan jadi teman-teman malah ikut yang dua gelar jadi s1 nya dapt d3 nya dapet,takut susah..apalgi mu jd pns jadi menurut mas gimana?

  • Nida

    mas, kalo mau ngelanjutin S1 rekam medis kira-kira yang bagus d mana y mas? klo bis ad daerah jawa mas..

  • >anna: untuk formasi PNS memang harus yg sudah terakreditasi dan jenjangnya D3, kalau kerja di RS swasta sih tidak masalah yg penting latar belakang pendidikannya rekam medis :)

  • cendy fefrianei

    Assalamualaikum mas, kalau boleh tau RM itu spesifiknya ngpain aja si dikuliahan nanti trus peluang kerjanya buat 10thn kdpn kira” bagus ngk mas?:)

    mksh sblumnya mas^_^

  • yasinta

    mas,mau tnya,akreditasi rekam medis di UGM apa ya ?mkasih

  • Kania

    nama kampusnya UNIVERSITAS DHYANA PURA BALI (UNDHIRA BALI) bagi tmn tmn yg mau melanjutkan di undhira bisa cek webnya http://undhirabali.ac.id/ jika mau mendaftar perlu bantuan saya bisa membantu,, :)

  • fisya

    ass. mau tanya mas kalo di TEDC BAndung rekam medis nya gimana? trus rekam medis itu sendiri belajar tentang apa ya? kedepannya bisa kerja jadi apa juga? hehe mksih info

  • Askha

    Asslmlaikum.
    Pak sya siswi klas 3 smk,
    mau tany.apkah lulsn smk bsa d trima d slah stu univ jrusn RM?

  • >fisya: saya kurang tahu kalau ttg kualitas institusinya, silahkan survey sendiri, rekam medis belajar banyak hal silahkan baca2 di blog saya :)

    >askha: wa’alaikumussalam, bisa

  • Rizqi

    Rekam medis itu nanti kerjanya gimanasih kak ? Ngapain aja ?

  • >Rizqi: rekam medis lebih ke arah administratif, jd tenaga kesehatan, tp kerjaannya non medis :)

  • eka saarini

    di bali udah ada s1 rekam medisnya lho..
    tepatnya di kampus dhyana pura bali..
    aku slah satu mhsiswanya :)

  • puputt

    maaf mas mau tanya, di RM masuknya bisa melalui jalur undangan gak?

  • SITI SHOMILAH

    mas sya lulusan dii menajemen pelayanan rumah sakit fkm ui saya mau melamjutkan si rekam medis bisa atau tdak yah

  • SITI SHOMILAH

    maaf mas saya lulusa d3 FKM UI Depok,saya mau melanjutkan SI Rekam medis bisa tidak ya ?

  • >siti: lanjut ke S1 Kesmas minat MIK, bisa :)

  • Mustiasih Puja

    salam knl,mohon bimbingan KTI dengan judul “Tinjauan pemanfaatan grafik barber johson di RS”terimakasih

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


+ 6 = eight