Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Medical Coding and Billing Profession

Terkait dengan dunia rekam medis, di luar negeri ada profesi medical coding and billing. Orang yang berprofesi sebagai medical coding and billing harus memiliki pengetahuan tentang istilah medis, anatomi, dan kemampuan pengambilan keputusan yang tepat dan akurat terkait pengkodean diagnosis. Orang ini juga perlu memiliki pengetahuan komputer dasar dan memiliki kecepatan mengetik minimal 35 kata-per-menit.

Medical Codes

Medical Code atau kode diagnosis merupakan sarana perusahaan asuransi untuk mengetahui pelayanan yang telah diberikan fasilitas pelayanan kesehatan kepada client-nya sehingga bisa memberikan reimbursement yang sesuai. Dibutuhkan kode diagnosis yang benar-benar akurat agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Proses Kerja

Profesi medical coding and billing mempercepat proses klaim asuransi pasien, pengirim klaim kemudian bisa segera mendapat reimbursement dari pihak asuransi.

Kondisi Kerja

Profesi medical coding and billing biasanya bekerja dalam suasana kantor. Profesi medical coding and billing kadang-kadang tidak bekerja dekat di mana pasien sedang dirawat. Ada kantor jasa penagihan di gedung-gedung perusahaan besar, di kantor-kantor pinggiran kota kecil, dan di kantor dokter itu sendiri. Jam kerja biasanya siang hari, Senin sampai Jumat, satu minggu bekerja sekitar 40-jam. Posisi di perusahaan asuransi lebih cenderung memiliki beberapa shift.

Banyak billers dan coders telah mampu bekerja dari rumah. Mereka bisa bekerja untuk fasilitas pelayanan kesehatan, mendapatkan dokter independen sebagai klien, atau mereka dapat bekerja untuk perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan jasa mereka.

Peluang

Profesi medical coding and billing terus berkembang dan makin banyak peluang (red: di luar negeri sana).  Perusahaan asuransi dan pemerintah menghabiskan lebih banyak waktu dan uang untuk meneliti dan mengendalikan klaim yang memungkinkan terjadinya penipuan. Dengan adanya profesi medical coding and billing maka kode yang dihasilkan bisa dijamin keakuratannya sehingga proses klaim asuransi bisa lebih cepat dan meminimalisir adanya kerugian serta penipuan.

Profesi medical coding and billing dapat bekerja secara independen dari rumah mereka. Mereka dapat mengatur penagihan elektronik melalui komputer di rumah mereka. Juga tersedia peluang  untuk menjadi seorang  konsultan asuransi. Profesi ini membantu pasien memahami tagihan asuransi mereka dan apa yang berhak mereka dapatkan. Profesi ini memerlukan lisensi tambahan.

Pendapatan

$8 – $10 per-jam, dan untuk yang memiliki pengalaman lebih dari satu tahun bisa mematok tarif hingga $30 – $40 per-jam.

Referensi

Medical Coding Career Guide

EICD: Medical Coding File Samples

Ahima.org: About Medical Coding & Medical Records: AHIMA

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

2 comments to Medical Coding and Billing Profession

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


− 2 = five