Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Electronic Medical Records VS Electronic Health Records

Kita sering mendengar istilah Rekam Medis Elektronik (RME) atau Electronic Medical Records dan istilah Rekam Kesehatan Elektronik (RKE) atau Electronic Health Records (EHR), lalu apakah keduanya merupakan istilah yang sama?

Beberapa teman yang saya tanyai (orang rekam medis :red) masih bingung dengan pertanyaan tersebut. Bahkan kebanyakan menyatakan bahwa kedua istilah tersebut sama atau hampir sama. Hmm.. akhirnya saya mencari referensi terkait EMR dan EHR ini, ketemu.. tapi dalam bahasa inggris hehe.. karena itu berikut saya tuliskan rangkumannya dalam bahasa Indonesia:

Electronic Medical Records adalah rekaman data legal yang dibuat failitas pelayanan kesehatan dan merupakan sumber dari Electronic Health Records. Salah satu katakteristik Electronic Health Records adalah dapat merepresentasikan kemampuan untuk dengan mudah melakukan share informations diantara stakeholders. Informasi pasien dari satu fasilitas pelayanan kesehatan dapat dishare dengan mudah ke fasilitas pelayanan kesehatan lain yang menangani pasien pada episode perawatan berikutnya, sehingga data pasien akan terintegrasi dan jelas riwayat kesehatannya sepanjang hidup individu.”

Definisi Rekam Medis Elekteronik (EMR):

“EMR adalah lingkungan aplikasi yang tersusun atas penyimpanan data klinis, sistem pendukung keputusan klinis, standarisasi istilah medis, entry data terkomputerisasi, serta dokumentasi medis dan farmasi. EMR digunakan oleh paramedic untuk mendokumentasikan, memonitor, dan memanage pelayanan kesehatan yang diberikan pada pasien di fasilitas pelayanan kesehatan. Data dalam EMR merupakan rekaman legal dari pelayanan yang telah diberikan pada pasien dan data tersebut disimpan serta dimiliki oleh fasilitas pelayanan kesehatan.”

Definisi Rekam Kesehatan Elektronik (RKE):

“EHR merupakan kumpulan dari EMR di masing-masing pelayanan kesehatan yang telah memberikan pelayanan kesehatan pada pasien. EHR dapat diakses dan dimilki oleh pasien serta datanya bisa digunakan di fasilitas pelayanan kesehatan lain pada episode perawatan berikutnya. EHR baru bisa diwujudkan jika sudah ada format standar data EMR pada masing-masing fasilitas pelayanan kesehatan sehingga data-data tersebut bisa diintegrasikan. Untuk mewujudkan EHR ini dibutuhkan suatu sistem yang terintegrasi dan disepakati bersama oleh masing-masing fasilitas pelayanan kesehatan pada suatu region atau wilayah.”

Jadi jelas bahwa kedua istilah tersebut berbeda bukan?^^

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook


Fatal error: Uncaught Exception: 12: REST API is deprecated for versions v2.1 and higher (12) thrown in /home/dianbud1/public_html/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 1273