Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Problem Oriented Medical Record (POMR)

Ini adalah salah satu mata kuliah yang saya terima selama kuliah, hanya 1 sks dan itupun hanya beberapa kali pertemuan saja. Karena itu yang saya sampaikan disini hanya sebatas apa yang saya ketahui..

Apa itu Problem Oriented Medical Record?

Kalau diterjemahkan secara harfiah Problem Oriented Medical Record (POMR)  berarti rekam medis yang berorientasi pada masalah.

Apa maksudnya? Apa bedanya dengan Source Oriented Medical Record (SOMR)? Apakah sebagian besar fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia sudah menerapkan POMR?

Untuk tahu tentang teori POMR silahkan download file ini.

Model Sistem Rekam Medis di Indonesia

Terdapat beberapa macam Model Sistem Rekam Medis, bisa Anda artikel saya sebelumnya mengenai Model Sistem Rekam Medis.

Saat ini sebagian besar fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia masih menerapkan SOMR. Pencatatan data pada rekam medis masih berdasarkan pada unit pelayanan dimana pasien sedang menerima pelayanan sekarang. Masing-masing unit pelayanan memiliki form tersendiri untuk mengisikan data pelayanan yang sudah diberikan kepada pasien. Akibatnya pelayanan kesehatan terhadap pasien dari awal hingga akhir periode perawatan tidak fokus terhadap masalah. Saat satu unit membuat catatan mungkin unit tersebut tidak melihat atau mempelajari catatan dari unit yang lain, tidak ada perencanaan dan kegiatan fllow up yang benar-benar terencana.

Penerapan POMR sendiri bukan berarti semudah membalikkan telapak tangan, karena dibutuhkan komitmen yang kuat, biaya, serta sumber daya yang mumpuni untuk bisa benar-benar menerapkan POMR.

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

13 comments to Problem Oriented Medical Record (POMR)

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


6 × = eighteen