Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Model Sistem Rekam Medis

Berbicara mengenai model sistem rekam medis, berdasarkan tata laksananya terbagi menjadi 2 kelompok besar yaitu:

  1. Conventional medical record
  2. Computerized Medical record

Conventional medical record

Merupakan penyelenggraan rekam medis secara manual dalam artian sebagian besar aktifitasnya masih dilakukan secara manual dan menggunakan media fisik kertas sebagai media pencatatan. Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah:

Problem Oriented Medical Record(POMR) , Source Oriented Medical Record(SOMR),  dan Summary Time Oriented Record(STOR).

Computerized medical record

Merupakan penyelenggaraan rekam medis terkomputerisasi, dalam artian seluruh kegiatan yang dilaksanakan menggunakan bantuan computer sebagai media input dan pemorsesan serta menggunakan optical storage maupun magnetic storage sebadai media penyimpanan data. Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah:

Problem Oriented Medical Information System(PROMIS) yang merupakan model komputerisasi dari POMR dan diterapkan terutama pada pelayanan rawat inap, Ambulatory Care Information System yang diterapkan pada unit rawat jalan, dan Computerized Summary Time Oriented Record(COSTOR) yang merupakan model komputerisasi dari STOR.

Secara garis besar gambarannya seperti itu, untuk lebih lengkapnya bisa download materi yang telah saya siapkan dengan format pdf disini.

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


9 + = sixteen