Statistik

free counters
Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Rekam Medis ???

Hampir setiap perjalanan pulang saya dengan kereta ekonomi jogja-purwokerto pasti klo dari jogja ujung-ujungnya akan ditanya “kuliah ya mas?”, “iya Bu..”, “dimana?”, “UGM Bu..”, “wah pinter ya mas bisa masuk UGM, ambil prodi apa?”, “Rekam Medis Bu..”, “Rekam Medis itu apa ya!!??”,, yayaya.. sepertinya memang rekam medis belum terlalu dikenal orang-orang awam, itulah makanya saya jarang mengatakan pada orang awam kalau saya kuliah di rekam medis, karena sebagian besar pasti belum tahu. Tadinya agak minder, tapi sekarang saya bangga denga jalan yang ditunjukkan Alloh pada saya menuju Program Studi Rekam Medis setelah tahu hakikat dan esensinya, hehe..

Apa itu Rekam Medis?

Rekam Medis adalah data pasien yang meliputi data sosial dan data medis pasien yang terekam atau tercatat setelah pasien menerima pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Apakah hanya itu?

Idealnya rekam medis berisi data riwayat kesehatan pasien dari mulai ia lahir hingga saat ini. Namun karena sistem yang ada di Indonesia sekarang ini terkait informasi kesehatan belum terintegrasi jadi ya data-data pasien tersebut terpecah dan terbagi tergantung pada tempat dimana ia mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dari fakta di atas sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya sistem informasi kesehatan atau manajemen rekam medis di Indonesia masih jauh dari harapan. Karena itu dibutuhkan tokoh-tokoh dan cendekiawan di bidang rekam medis untuk mewujudkan suatu sistem yang lebih baik, dengan demikian tenaga perekam medis pun akan sangat dibutuhkan di masa yang akan datang.

Apa itu Perekam Medis?

Perekam medis adalah tenaga kesehatan sesuai dengan PP No.32 tahun 1996. Perekam Medis bertugas mengelola dalam artian menyimpan, menjaga, dan menyediakan kembali rekam medis pasien dengan cepat dan akurat jika dibutuhkan.

Apakah hanya itu? Apa bedanya dengan petugas kearsipan?

Tidak hanya sebatas kearsipan, karena seorang perekam medis dituntut untuk mampu mengolah data rekam medis tersebut menjadi informasi yang nantinya akan berguna bagi manajemen kesehatan. Bahkan anatinya perekam medislah yang menentukan kelangsungan hidup suatu fasilitas pelayanan kesehatan, perekam medis berperan sangat penting dan krusial terutama dalam aspek legal dan financial.

Karena Rekam medis meliputi 6 aspek yang biasa disebut ALFRED:

  1. Administration
  2. Legal
  3. Financial
  4. Research
  5. Education
  6. Dokumentation

Kompetensi Perekam Medis

Sesuai dengan Kepmenkes No. 377/MENKES/SK/III/2007 tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi kesehatan maka kompetensi perekam medis ada 7 yang terdiri dari 5 kompetensi pokok dan 2 kompetensi penunjang.

  1. Kalsifikasi dan Kodifikasi Penyakit dan Masalah-Masalah terkait Kesehatan
  2. Aspek Hukum dan Etika Profesi
  3. Manajemen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  4. Menjaga Mutu Rekam Medis
  5. Statistik Kesehatan
  6. Manajemen Unit Kerja Manajemen Informasi Kesehatan / Rekam Medis
  7. Kemitraan Profesi

Untuk dapat menguasai 7 kompetensi tersebut harus ada lembaga pendidikan yang memang mengkhususkan diri mengajarkan tentang rekam medis dan informasi kesehatan salah satunya adalah Program Studi Rekam Medis Universitas Gadjah Mada tempat saya menuntut ilmu selama 3 tahun terakhir ini.

Ya.. penjelasan secara garis besar saya kepada seorang ibu di kereta ekonomi jogja-purwokerto, kalau mau digali sebenarnya dunia rekam medis jauh lebih kompleks. Silahkan bagi Anda yang tertarik menekuni bidang ini, bisa konsultasi dengan saya hehe..

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

57 comments to Rekam Medis ???

  • wong edan

    pertamax
    good jobs,… i like it,…..
    saya sangat sependapat dengan anda, ilmu dibidang rekam medis sangat kompleks, dalam masa 3 tahun menuntut ilmu kita dicekoki dengan segudang disiplin ilmu, seperti medis, IT, akutansi, statistik dan lain,.. hemmmmm tapi ilmu-ilmu hanya sekedar kulit-kulitnya, yang menurut saya belum dapat digunakan sebagai persenjataan untuk menghadapi kerasnya persaingan dunia kerja,…. kita dituntut untuk mengembang sendiri kompetensi yang ada,… hemmmm hal ini yang membuat q gundah didetik-detik terakhir meninggalkan bangku perkuliahan,…………. apakah ilmu yg kita dapat sudah cukup ??

    Apakah perekam medis ciptakan hanya untuk menjadi seorang, petugas front office yg melayani setiap pasien yg datang ?? apakah perekam medis hanya akan menjadi seorang petugas pengantar berkas rekam medis dari ruang filing ke poliklinik ??? atau akan menjadi seorang motor penggerak atau ujung tombak disarana pelayanan kesehatan ??? ………

    hadeh capek memikirkannya, dengan kondisi masih banyaknya sarana pelanyanan kesehatan terutama didaerah yang belum sadar akan arti pentingnya sebuah data dan informasi,………

  • waha.. sepertinya saya tau siapa Anda “wong edan”..
    orang yang sealiran dengan saya,,

    dunia rekam medis itu luas dan kompleks dan apa yg kita dapat selama ini memang belum apa2..
    karena itu mari terus tambah pengetahuan dan asah keterampilan,,
    Indonesia butuh orang2 yang berpikiran maju seperti Anda..

  • wong edan

    ah SKSD deh Juragan ini,……….
    “berpikiran maju seperti Anda” wah perlu digaris bawahi kalimat ini, saya hanyalah seorang anak dengan IQ pas-pasan tetapi diberi tuhan anugrah berkumpul dengan orang-orang yang luar biasa disalah satu universitas, dikota gudeg,…….

    bisa berhujat seperti diatas yah motifnya hanya egoindividu semata,……..dimana aq terkapar diposisi yang tidak menguntungkan jika harus balik dengan kondisi masih seperti sekarang ini,

  • haha..
    klo Anda mau kembali ke kota asal yakinkan dlu Anda punya cukup amunisi dan kaki yang kuat untuk bepijak ditengah badai “konvensional” serta angin-angin “kolot” di sana..
    Pastikan suara Anda di dengar di sana, suara yang akan membawa perubahan..

    Klo Anda belum punya cukup amunisi mari siapkan bersama dengan saya :D

  • romaryo

    mas saya ryo
    saya belum dapat judul kti rekam medis
    mas bisa gak bantu saya judul apa yang mudah,gampang di mengerti dan d setujui oleh dosen.
    mohon bantuan nya ia mas

  • romaryo

    mas tolong kasih balasan nya di email saya ia
    romaryohutapea@rocketmail.com
    makasih

  • >Ryo:
    baca artikel ttg TA di web-site saya dulu
    http://dianbudisantoso.net/2010/08/27/tema-tugas-akhir-pendidikan-rekam-medis-dan-informasi-kesehatan/

    kemudian pilih satu tema dan tentukan judul,, tekniknya bisa dibaca di e-book saya:
    http://dianbudisantoso.net/2010/08/29/panduan-dan-tips-tugas-akhir-free-e-book/

    smg bermanfaat.

  • Dimdimz

    Mas,,gimana ya masalah KTI untk RM ini,,saya ingin mengambil tntg IT nya di RM…tolg replyx ya mas

  • >Dimz: oya, maaf bru nge-reply..
    klo mo ngambil ttg IT di RM bs evaluasi sistem yg sudah ada atau perancangan utk perbaikan sistem / pembangunan sistem yg baru..

  • Vicky

    mas kalau mau nyari apa aja tentang rekam medis itu lewat web apa ya?
    saya pernah dkasi tau katanya pakai web ranocenter, tapi tetep gak ktemu..
    sbelumnya maaf, soalnya saya masih mahasiswa baru..hehe

  • >vicky: klo ttg rekam medis y setau saya di ranocenter.net,
    klo yg lengkap sepertinya belum ada..

  • yuni astuti

    pak,,,ngajar sik kpn y?

    oy,kmrn mantep loh ngjar’a,,ngapak punya

  • >Yuni: nanti klo ada waktu dan kesempatan y, nanti pasti saya ngajar lg :)

  • dini

    pak…
    saya D3 RMIK semsester 5 mau tanya tentang KTI…
    rencana saya mau ambil tentang statistik RS…
    tp klo tentang efisiensi sdh banyak, kira2 bpk bisa bntu saya ambil judul tentang statistik g?
    mohon bantuan nya…
    mksh…

  • rabi

    mas… saya mau ngmbil jdul KTI tentang pelaporan ektern… kr2 mnrt bpk gmna ???

  • rabi: ya selama ada masalah di lapangan terkait pelaporan eksternal ya boleh2 saja mengangkat tema itu.

  • rabi

    sy pernh nemuin mslh d’RS… laporan ektern yg dkirim ke dinas kesehatan cuma RL1, RL2a, RL2b, RL2a1, RL2b1, RL3, RL4,RL5, Sedangkan formulir RL2c, RL2.1, RL2.2, RL2.3, RL4a, RL6 tidak dkirim… mnrt bpk, itu bs d’angkt jd mslh ngga ??

  • >rabi: bisa, kamu bisa meneliti knp laporan tdk dikirim? kemudian apa ada sanksi dari dinkes kalau terlambat atau tidak mengirimkan laporan ?

  • rabi

    bpk punya referensi x ga yg brkaitn sm laporan ektern..??? kalau mslhx gto, kr2 tema x ap ya pak ???

  • rabi: terkait lapotran eksternal ada buku panduan dari depkes terbitan 2005 (kalau tidak salah), silahkan dicari.

  • rabi

    bpk bisa bantu g , mnntukan jdul terkait dgn masalh tersebt ap y ??
    mhon bntuannya..
    terima kasih..

  • kualitatif:
    “Tinjaun timbal balik dari keterlambatan pengiriman pelaporan RS kepada Dinas Kesehetan”

    kuantitatif
    “Hubungan antara keterlambatan pelaporan RS dg X”
    X= sangsi, pengurangan anggaran, dsb (diteliti dahulu di studi pendahuluan)

  • rabi

    trma kasih…

  • sugeng

    Mas…salam kenal y..
    mas..saya D3 rekam medis SBY mau ngmbil KTI tentang morbiditas,,tp saya minta bntuan…
    kra” judul yang cocok untuk morbiditas pa,,yg belum pernah diambil…
    saya mau ngmbil KTI di RS bersalin,,sya bnggung mas tlong bntuannya y…
    terima kasih..

  • salam kenal,
    bisa tentang keakuratan kode ibu melahirkan, karena untuk diagnosis ibu melahirkan kan bisa sampai 5 kode itu, apakah di RS tersebut sudah akurat kodenya.

  • sugeng

    maksudnya keakuratan kode ibu melahirkan seprti pa…
    sepengetahuan sya RS yg saya ambil belum akurat,,soalnya dlu Klinik skrg menjdi RS ibu dan anak…
    selain judul itu pa yang cocok untuk RS-nya…
    judul keakuratan kode ibu melahirkan itu gak pkai berdasrkn pa…
    terima kasih..

  • >sudeng: misal diagnosis “ibu melahirkan normal anak kembar 1 laki2 dan 1 perempuan di rumah sakit”, nah dari diagnosis itu saja harus dikode 4 – 5 kode, jd apakah di rumah sakit itu sudah dilakukan seperti itu? apakah kode yg dihasilkan sudah tepat?
    tp kalau mengambil tema ini Anda harus benar2 kuat di coding.

  • di rekam medik itu..mata kuliahnya apa ajja yya?? ada MTK nya gk?

  • >rani: ada matkul statistik :)

  • sugeng

    mas mhon bntuannya..
    saya sama dosen pmbimbing tidak boleh ngambil morbiditas…
    jadi dsuruh ngmbil tentang RM atau hukum kesehatan…
    enaknya ngmbil judulnya kyk gmn….
    mohon bntuannya….
    terima kasih…

  • sugeng: ini aja yg kerean -> “tinjauan nilai visum et repertum sbg bukti peradilan”
    jd nanti penlitiannya dari rumah sakit, kepolisian, sampai pengadilan.

  • sugeng

    mas….saya disarankan dsen pembimbing ngmbil oding…
    kira” ngmbil coding tntng pa jdulnya….

  • >sugeng: coding bisa kelengkapan, atau kesesuaian dg ICD atau lebih bagus lg aspek ketepatan

  • hedi supriyadi

    pak blok tentang pengtahuan sensus harian pasien rawt ianap donk.

  • >hedi: cari bukunya Pak Rano Indradi saja tentang statistik rumah sakit

  • ani

    mau nanya pak…
    klw DRM hilang itu gmna mnntukan jdulnya sy bngng ? referensinya apa ?

  • ani

    Mau nanya ” tinjauan nilai visum et repertum sbg bukti peradilan ” itu gmna mksdnya ???

  • meneliti peran visum et repertum sebagai bukti peradilan yg sah.. :)

  • rivai

    mas mohon bantuannya.
    Saya dah dapet judul tentang sistem peminjaman berkas rm rawat inap guna menjuang kualitas pelayanan

    Kira kira itu bisa jadiin judul mas??

    klo ada referrin nya nyari dmana.
    Mkasih sblumm nya.

  • penelitian kualitaif? hanya memberikan gambaran sistem peminjaman berkas? bs dijadikan judul, tp mungkin agak kurang berbobot, krn kan cuma menggambarkan saja, deskriptif.

    refrensinya lihat di buku yg membahas manual rekam medis (buku dari depkes, bukunya bu savitri cb, dll),

  • Tika

    mas saya mahasiswa rekam medis semester 4, tapi sudah ingin mulai menentukan judul KTI yang sesuai dengan kemampuan saya, mohon bantuanya terimakasih

  • rei

    Mas, blh minta referensi buku yg berkaitan dgn kodifikasi penyakit.. Mksh,,

  • >tika: coba baca di artikel saya tentang tema tugas akhir perekam medis dan informasi kesehatan :)

    >rei: bisa di Buku MIK (editor: Gemala Hatta), atau di ICD-10th Volume 2.

  • ani

    mau nanya… untuk kode ibu melahirkan kan ada bnyak,, misalnya gne, dignosa,, ibu melahirkan dgn caesar kodenya O82.9 saja,, apakah itu sdh tepat ??

  • Randika Satria

    salam kenal pak…..

    saya skrg lagi bikin laporan semester yang judulnya “tinjaun pelaksanaan indeks penyakit rawat inap” mw tanya kalo buku referensinya apa aja ya ? trus buat variabel ke duanya kira-kira apa ya ?

    makasih sebelumnya…!

  • >ani: belum akurat

    >randika: referensi banyak ada buku Depkes 1997, Savitri Citra Budi 2011, dll

  • rivai agus maulani

    aduh kurang berbobot yahh, padahal udah di acc ma di rumah sakit skrang lgi penelitiann,, emang benar si mas, saya baru kemarin penelitian dan ambil data ternyata populasi berkas peminjaman nya sedikit klo djadiin sempel pati sedikit banget..

    nah klo cara cara klo sedikit gitu gmana yaa??
    atau hrus ganti judul??

  • Lisda

    mau share nihhh….sya kan ank RM smester 4 n dri sekrang dah mau nentuin judul bwt kti. sya sbenarnya mau mengaitkan msalah RM sma bahasa Inggris.kira2 ada gk ya judul yang tepat? mhon masukan nya :) thx before

  • mirna

    saya lagi LS butuh buku referensi berbahas inggris, kira2 ada yng bsa kasih tau ga apa jdl buku dan penulisny?

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>