Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

Rekam Medis ???

Hampir setiap perjalanan pulang saya dengan kereta ekonomi jogja-purwokerto pasti klo dari jogja ujung-ujungnya akan ditanya “kuliah ya mas?”, “iya Bu..”, “dimana?”, “UGM Bu..”, “wah pinter ya mas bisa masuk UGM, ambil prodi apa?”, “Rekam Medis Bu..”, “Rekam Medis itu apa ya!!??”,, yayaya.. sepertinya memang rekam medis belum terlalu dikenal orang-orang awam, itulah makanya saya jarang mengatakan pada orang awam kalau saya kuliah di rekam medis, karena sebagian besar pasti belum tahu. Tadinya agak minder, tapi sekarang saya bangga denga jalan yang ditunjukkan Alloh pada saya menuju Program Studi Rekam Medis setelah tahu hakikat dan esensinya, hehe..

Apa itu Rekam Medis?

Rekam Medis adalah data pasien yang meliputi data sosial dan data medis pasien yang terekam atau tercatat setelah pasien menerima pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Apakah hanya itu?

Idealnya rekam medis berisi data riwayat kesehatan pasien dari mulai ia lahir hingga saat ini. Namun karena sistem yang ada di Indonesia sekarang ini terkait informasi kesehatan belum terintegrasi jadi ya data-data pasien tersebut terpecah dan terbagi tergantung pada tempat dimana ia mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dari fakta di atas sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya sistem informasi kesehatan atau manajemen rekam medis di Indonesia masih jauh dari harapan. Karena itu dibutuhkan tokoh-tokoh dan cendekiawan di bidang rekam medis untuk mewujudkan suatu sistem yang lebih baik, dengan demikian tenaga perekam medis pun akan sangat dibutuhkan di masa yang akan datang.

Apa itu Perekam Medis?

Perekam medis adalah tenaga kesehatan sesuai dengan PP No.32 tahun 1996. Perekam Medis bertugas mengelola dalam artian menyimpan, menjaga, dan menyediakan kembali rekam medis pasien dengan cepat dan akurat jika dibutuhkan.

Apakah hanya itu? Apa bedanya dengan petugas kearsipan?

Tidak hanya sebatas kearsipan, karena seorang perekam medis dituntut untuk mampu mengolah data rekam medis tersebut menjadi informasi yang nantinya akan berguna bagi manajemen kesehatan. Bahkan anatinya perekam medislah yang menentukan kelangsungan hidup suatu fasilitas pelayanan kesehatan, perekam medis berperan sangat penting dan krusial terutama dalam aspek legal dan financial.

Karena Rekam medis meliputi 6 aspek yang biasa disebut ALFRED:

  1. Administration
  2. Legal
  3. Financial
  4. Research
  5. Education
  6. Dokumentation

Kompetensi Perekam Medis

Sesuai dengan Kepmenkes No. 377/MENKES/SK/III/2007 tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi kesehatan maka kompetensi perekam medis ada 7 yang terdiri dari 5 kompetensi pokok dan 2 kompetensi penunjang.

  1. Kalsifikasi dan Kodifikasi Penyakit dan Masalah-Masalah terkait Kesehatan
  2. Aspek Hukum dan Etika Profesi
  3. Manajemen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  4. Menjaga Mutu Rekam Medis
  5. Statistik Kesehatan
  6. Manajemen Unit Kerja Manajemen Informasi Kesehatan / Rekam Medis
  7. Kemitraan Profesi

Untuk dapat menguasai 7 kompetensi tersebut harus ada lembaga pendidikan yang memang mengkhususkan diri mengajarkan tentang rekam medis dan informasi kesehatan salah satunya adalah Program Studi Rekam Medis Universitas Gadjah Mada tempat saya menuntut ilmu selama 3 tahun terakhir ini.

Ya.. penjelasan secara garis besar saya kepada seorang ibu di kereta ekonomi jogja-purwokerto, kalau mau digali sebenarnya dunia rekam medis jauh lebih kompleks. Silahkan bagi Anda yang tertarik menekuni bidang ini, bisa konsultasi dengan saya hehe..

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

62 comments to Rekam Medis ???

  • inda

    kalau penyimpanan di lakukan dengan komputer, berarti ada dua kali kerja utk petugas RM. yaitu menyalin kembali isi RM ke komputer. apa tdk menjadi ribet??
    atau memank secara manual pun petugas RM akan menyalin isi RM ke buku besar??
    mohon bantuannya..
    leen_cuan@yahoo.com

  • inda: mengisi rekam medis itu tugas dokter,
    kalau petugas rekam medis itu cuma mengelola agar data yang tersimpan bisa tersimpan dengan baik dan dapat ditemukan kembali jika sewaktu-waktu dibutuhkan dengan cepat:)

  • norlihani

    ass…….
    pa budi sya dri mhsswa STIKES banjarmasin mau minta saran gimana mnentukan jdul KTI krna di tolak dosen melulu pa ?jd bngung…
    tnks…..

  • ass…….
    pa budi sya dri mhsswa STIKES banjarmasin mau minta saran gimana mnentukan jdul KTI krna di tolak dosen melulu pa ?jd bngung…
    tnks…..

  • wulan

    mohon bntuan pak.. sy ank RM smstr 5,, sy lg bingung mnntukn judl TA sy.. st maux dg judul bgni pak ” komptnsi ptgs koding dlm menntukn kode komplikasi kode e dan i didlm icd 10″ ,, mnrt bpk gmn??

  • >all: mohon maaf jika banyak pertanyaan yg belum saya jawab, silahkan teman2 langsung hubungi saya via fb, twitter atau lewat sms, akan saya usahakan untuk menjawab semua pesan yg masuk :)

  • apa aja ya yang dipelajari direkam medis?

  • is trhe best for perekam madis

  • Nurkholisoh Tusyamsiyah

    mas sya mau masuk kuliah fakultas medrek tpi saya dapet masukan klo fak.Medrek ini akan punah dengan seiring perkembanagan waktu Teknik Informatika yang menciptakan software-software SIMRS. apakah benar mas?

  • [...] Silahkan tengok Permenkes RI No. 269/Menkes/Per/III/2008 pasal 1 ayat 1. Rekam medis berisi catatan (tulisan, gambar, dan file multimedia) yang dibuat oleh tenaga kesehatan yang telah memberikan pelayanan kepada pasien yang bersangkutan. Tengok juga cerita saya disini. [...]

  • june.siauta

    aas pak saya mau minta pendapat bpk saya semester 5 stikes depok saat ini saya sedang menyusun kti kira2 judul yang pantes apa ya pak

  • Andi Nurnawati Asfani

    ass…
    salam kenal pak budi :) saya mahasiswi tingkat akhir masih bingung mau ambil judul apa.temanya tentang kompetensi ke 7 kemitraan profesi,,,
    mohon bantuannya pak,makasih

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


6 + one =