Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

IT project management for university student

Materi dengan judul yang sama pernah saya bawakan dalam seminar project management & web app framework yang diselenggarakan OmahTI UGM pada tanggal 25 Mei 2010 yang lalu.

Sebagai mahasiswa ataupun sebagai seorang professional dalam bidang TI paling tidak ada 3 komponen utama yang harus dipenuhi jika kita ingin mendapatkan sebuah proyek. Saya sering menyebutnya dengan konsep “triple R” yaitu:

  1. Reputation, kita harus memiliki reputasi yang baik.
  2. Relation, kita harus memperbanyak pergaulan dengan banyak kalangan, karena dengan bergaul dengan banyak kalangan maka akan semakin besar kesempatan kita untuk mendapatkan proyek.
  3. Reaction, saat ada tawaran ataupun kesempatan mengerjakan proyek maka kita harus memiliki reaksi yang cepat dan baik. Jangan sampai kesempatan yang ada kita lewatkan begitu saja.

Kemudian jika sebuah proyek sudah ditangan bagaimana kita akan memanajenya?

Dalam konsep manajamen proyek paling tidak ada 3 tahap utama yang harus kita lewati dari awal hingga akhir pengerjaan proyek.

  • Planning

Human Resources (komposisi tim), administration (isi kontrak kerja)

  • Execution

Pembagian tugas, communication/ coordination, create repository, progress report

  • Closing

Pelatihan, Pendampingan, Serah Terima (semua harus ada bukti tertulis)

Karena posisi saya saat ini adalah masih sebagai mahasiswa, maka setiap ada kesempatan untuk mengerjakan proyek saya niati sebagai media pembelajaran. Kalaupun nanti ada uang yang kita terima (pasti) ya itu sebagai bonus saja. Dengan mengerjakan sebuah proyek secara tidak langsung kita dipaksa untuk belajar, dan yang penting ada kemauan dari kita untuk belajar. Apalagi Anda yang kuliah di jurusan TI, kemampuan coding Anda akan meningkat drastis setelah Anda mengerjakan minimal 1 proyek saja (trust me.. hehe..), akan Anda temukan nanti bahwa “coding in the real world is different with coding in a laboratory”.

Kita tidak harus “mbayar” untuk “belajar”, tapi kita juga bisa “belajar” dengan “dibayar”.

Kita tidak harus “bekerja keras” tapi kita cukup “bekerja cerdas”.

Selamat mencoba menjadi Technopreneur Sejati!!^^

*Materi seminar bisa didownload disini

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


six + 7 =