Statistik

free counters

Translate

Chinese (Simplified)DutchEnglishItalianJapaneseKoreanMalayPortugueseSpanish

E-learning terminologi medis dan ICD-10

Beberapa waktu yang lalu saya diminta menjadi salah satu anggota tim pengembang e-learning Terminologi medis dan ICD-10 untuk Tesis Ibu Nuryati, A.Md., S.Far., M.Ph. E-learning ini dibuat dengan berbasis web yang diharapkan dapat digunakan pada computer stand alone, jaringan lokal seperti laboratorium komputer, dan jaringan yang lebih luas seperti internet.

E-learning ini bisa digunakan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa rekam medis pada khususnya dan mahasiswa kesehatan lain (kedokteran, dll) pada umumnya.

E-learning Terminologi MEdis dan ICD-10

Secara umum E-learning Terminologi Medis dan ICD-10 ini terdiri dari 6 modul yaitu:

  • Modul How To

Modul How To terdiri dari dua halaman yaitu Pendahuluan dan Instruksi Penggunaan

  • Modul Terminologi Medis

Modul Terminologi Medis berisi artikel-artikel mengenai terminologi medis.

  • Modul Anatomi dan Fisiologi

Modul Anantomi dan Fisiologi berisi artikel-artikel mengenai anatomi dan fisiologi manusia yang dilengkapi dengan gambar-gambar untuk membantu pemahaman.

  • Modul ICD-10

Modul ICD-10 terdiri dari:

  1. Halaman tentang Struktur ICD-10, Desain dan Isi Volume 1,2,3 serta Pembelajaran ICD-10 yang berisi petunjuk penggunaan buku ICD-10 untuk melaksanakan kodefikasi penyakit atau diagnosis.
  2. Tabular list erisi table yang berisi sebagian kode dan nama penyakit yang ada dalam ICD-10, bias di-sorting menurut kode maupun nama penyakit.
  3. Contoh proses pencarian kode menggunakan buku ICD-10 secara manual. Pada bagian ini ditunjukkan bagaimanan menentukan leadterm, mencari kode pada ICD-10 volume 3, kemudian melakukan crosscheck dengan ICD-10 volume 1 hingga ditemukan kode akhir.
  4. Pencari kode ICD-10 secara elektronik dari database. Dilengkapi dengan fasilitas auto suggestion menggunakan JQuery.
  • Kamus Kedokteran

Terdiri dari pencarian istilah kedokteran dan pencarian sinonim terminologi secara elektronik Dilengkapi dengan fasilitas auto suggestion menggunakan JQuery.

  • Kuis

Berisi latihan soal terkait materi yang disampaikan pada e-learning E-learning Terminologi Medis dan ICD-10 ini.

Untuk mengatur seluruh content yang ditampilkan pada E-learning Terminologi Medis dan ICD-10 ini disediakan halaman administrator yang hak aksesnya dapat dibatasi sesuai dengan tingkatan user.

Post to Twitter Tweet This Post Post to Facebook Share Link on Facebook

21 comments to E-learning terminologi medis dan ICD-10

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


− 2 = six